Untuk Kita Simak Bersama

Untuk Kita Simak Bersama

Untuk Kita Simak Bersama

Untuk Kita Simak Bersam
Untuk Kita Simak Bersam

Standard Operational Procedure (SOP) di Kelas, Cara Baru Melatih Disiplin Pada Anak?Selama kurang lebih 6 tahun lamanya saya mengajar di sebuah sekolah dasar nasional plus di daerah Bogor,Jawa Barat. Selama itu pula setiap tahunnya saya selalu diberi `mandat’ menangani anak-anak special needs atau anak2 berkebutuhan khusus di sekolah itu.

Sekolah saya itu termasuk salah satu sekolah yang menerapkan konsep sekolah inklusi atau pendidikan inklusi, yaitu sekolah yang memperbolehkan siswa-siswa berkebutuhan khusus seperti autisme, ADHD, ADD, hiperaktif, retardasi dan beberapa special needs lainnya. Mereka disatukan di dalam kelas yang berisi anak2 `normal’ lainnya. Biasanya, kelas yang jumlah siswanya 24-26 orang ini akan berisi sekitar 3-5 orang siswa berkebutuhan khusus.

Tentu saja, mengurusi siswa dengan berbagai sifat, karakter dan tingkah laku yang berbeda-beda bukanlah hal yangmudah, apalagi masih ada 3-5 anak berkebutuhan khusus tadi. Saya memang dibantu oleh guru khusus yangmenangani anak2 tadi dan satu orang partner di dalam kelas, tetapi tetap saja, menyatukan anak2 normaldengan anak2 special tadi bukan pekerjaan seperti membalikkan telapak tangan. Tetapi bukan pula suatu hal yangtidak mungkin dilakukan. Perlu waktu kurang lebih tiga tahun lamanya sebelum saya akhirnya menemukan formulakhusus agar anak2 di kelas mau disiplin dengan ikhlas. Intinya sih tetap kreatif dan jeli terhadap berbagai masalah yang ada.

Sumber : https://theeacher.livejournal.com/712.html