Tujuan Standar Kompetensi Guru

Tujuan Standar Kompetensi Guru

Tujuan Standar Kompetensi Guru

Tujuan Standar Kompetensi Guru
Tujuan Standar Kompetensi Guru

Era globalisasi saat ini yang telah mempengaruhi hampir semua aspek kehidupan di seluruh negara termasuk Indonesia. Keadaan indonesia hari ini sangatlah terpuruk  mulai dari segi ekonomi, keamanan, pendidikan dan lain sebagainya. Akan tetapi titik permasalahan dari semua itu adalah Sumber Daya Manusia di Indonesia masih di bawah rata-rata.

Demi mewujudkan mutu pendidikan lebih baik maka seorang guru harus mempunyai kompetensi dalam bidang studinya. Oleh karena itu, pemerintah mengadakan  Standar Kompetensi Guru. Standar Kompetensi Guru ini  bertujuan untuk :

1.    Memiliki pengetahuan dan kecakapan atau keterampilan intelektual

Karena guru merupakan suatu profesi, maka guru harus mempunyai keahlian. Dengan adanya standar kompetesi seorang guru di tuntut untuk memilki pengetahuan, kecakapan atau keterampilan intelektual, kepribadian yang baik. Seorang guru bukan hanya sekedar menyampaikan materi di kelas kemudian langsung pulang. Guru harus bisa menguasai perencanaan pendidikan. Apabila semua telah terpenuhi, maka akan mutu pendidikan akan menuju kepada pendidikan yang berkualitas.

2.    Sebagai alat seleksi penerimaan guru

Dengan adanya syarat sebagai kriteria penerimaan calon guru, maka para adminisator akan mendapatkan pedoman dalam memilih guru yang di perlukan untuk sekolah. Setiap calon guru harus memenuhi syarat yang telah ditentukan, dengan demikian pemilihan guru bukan berdasarkan suka atau tidak melainkan atas dasar objektif sesuai dengan syarat yang di berlakukan untuk semua calon guru.

3.    Mendapatkan hasil pendidikan yang lebih baik

Suatu pendidikan pasti mempunyai tujuan pendidikan, tujuan ini merupakan hasil dari proses belajar mengajar yang di laksanakan oleh lembaga pendidikan. Hasil dari proses pembelajaran bukan saja di tentukan oleh sekolah, pola, media, struktur dan kurikulum, akan tetapi sebagian besar hasil dari proses pembelajaran di tentukan oleh kompetensi guru yang mengajar dan membimbing peserta didik. Apabila seorang guru berkompeten maka akan lebih mampu menciptakan lingkungan belajar yang efektif, lebih mampu mengelola kelas dan lain sebagainya, sehingga peserta didik semangat untuk belajar.


Sumber: http://revistas.uned.es/index.php/REEC/comment/view/24338/0/255032