Tugas Softskill Pengantar Telematika

Tugas Softskill Pengantar Telematika

Tugas Softskill Pengantar Telematika

Tugas Softskill Pengantar Telematika
Tugas Softskill Pengantar Telematika

 Pada kesempatan ini, saya akan membahas materi tentang komunikasi jaringan, e-commerce dan GPS. Pembahasan lebih difokuskan pada contoh aplikasi atau website. Sebelum membahas tentang aplikasi atau website, ada baiknya kita mengetahui masing-masing pengertian dari materi yang sudah disebutkan diawal.

  1. Komunikasi Jaringan

Menurut dari sumber yang saya baca, Komunikasi Jaringan atau Jaringan Teknologi Komunikasi adalah serangkaian interkoneksi antar teknologi yang saling berhubungan satu dan lainnya. Perkembangan teknologi kian pesat. Dalam setiap hal yang dilakukan oleh tiap orang, akan sangat berhubungan dengan teknologi. Berikut beberapa aplikasi yang menganut komunikasi jaringan:

  1. Imo Free Video Calls and Chat

Ini adalah program terkenal buatan Imo yang dipunggawai oleh Georges dan Harik, dua orang ahli komputer jebolan perusahaan besar Google dan Oracle. Imo tampilannya sederhana sekali yaitu langsung memperlihatkan orang-orang yang ada di kontak kita, sedikit berbeda dengan WhatsApp yang memperlihatkan percakapan terakhir kita.

Fitur panggilan video yang dimiliki Imo mirip dengan layanan milik Skype. Di sini orang bisa bertatap muka langsung melalui handphone atau tablet yang menjalankan Imo. Tentu saja kedua perangkat harus memiliki kamera depan agar bisa merekam wajah pembicara. Kelebihan lain dari program ini adalah kemampuannya untuk mencari orang baru berdasar nama penggunanya.

  1. Jongla

Apa yang menarik dari Jongla? Yang pasti adalah rancangan interface yang sederhana, indah, dan menyenangkan. Selain memudahkan kita berkomunikasi dengan siapa saja, aplikasi ini juga mampu menghubungan kita dengan semua daftar kontak yang miliki, sekaligus fasilitas pencarian kontak. Fitur utama dari aplikasi Jongla adalah:

  1. Tak berbayar dan tak terbatas : Pengguna Jongla bebas untuk chatting dan mengirim terbatas jumlah pesan ke kontak mana saja di dunia dengan tidak ada biaya tersembunyi
  2. Personalisasi : Jongla memperkaya komunikasi pengguna dengan menyenangkan dan interaktif ‘Stiker’ yang membawa pesan untuk hidup
  3.  Aman : Pesan sepenuhnya dienkripsi dengan enkripsi TLS untuk memastikan keamanan maksimum
  4. Sosial : Pengguna dapat membuat profil sosial mereka sendiri Jongla serta profil perubahan gambar dan gambar sampul
  5. Kehadiran : Pengguna dapat dengan mudah melihat mana teman-teman mereka sedang online, offline atau mengetik pesan kembali
  6.    Sinkronisasi : Jongla akan mensinkronisasi secara otomatis buku alamat untuk menghubungkan pengguna dengan teman-teman mereka
  7. Pemberitahuan : Pengguna mendapatkan pemberitahuan pesan baru dan permintaan teman.
  8. Kanal : merupakan cara baru untuk brand dan para selebriti untuk berinteraksi dengan penggemar dan pelanggan melalui perangkat selular.

Sumber: https://rakyatlampung.co.id/universitas-mercu-buana-menang-kompetisi-inovasi-seoul/