Tangkal Joki dan Modus Kecurangan SBMPTN!

Tangkal Joki dan Modus Kecurangan SBMPTN!

Tangkal Joki dan Modus Kecurangan SBMPTN!

Tangkal Joki dan Modus Kecurangan SBMPTN!
Tangkal Joki dan Modus Kecurangan SBMPTN!

Pemerintah melalui Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi

sudah membuat sistem untuk mencegah adanya celah kecurangan dalam pelaksanaan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Setiap pelaksanaan ujian SBMPTN juga tak lepas dari isu joki yang melaksanakan ujian.

Sekretaris Jenderal Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Ainun Na’im menjelaskan antisipasi kecurangan tahun ini diawasi lebih baik. Setiap kelas diawasi 1 pengawas dan 1 koordinator.

“Pengawas juga dites dulu. Apakah bisa berperan mengawasi ujian. T

ermasuk mendeteksi kemungkinan kecurangan,” tegas Ainun di Kampus Universitas Indonesia (UI), Selasa (16/5).

Cara mendeteksi joki, kata dia, yakni dengan melihat identitas kartu peserta. Kemudian ada sistem untuk mengecek dengan rinci agar dapat mengidentifikasi peserta.

“Jika pun ada kecurangan yang dilakukan peserta, bukan kesalahan universitasnya. Tentu tak bisa menghukum universitasnya. Kami proses dan baru diberi sanksi. Orangnya bukan lembaganya,” paparnya.

Sekretaris Pusat SBMPTN 2017 Joni Hermana menjelaskan selama ini pengamana

n sistem ujian dilakukan secara berlapis. Dari mulai mengawal soal juga dilapisi dengan sistem asuransi agar tak terjadi kecurangan paket soal. “Jika dalam satu kelas terjadi bisa langsung terdeteksi, sejauh ini belum ada laporan,” jelasnya.

Pihaknya juga sudah mengetahui gerak-gerik dan modus para pelaku kecurangan yang biasanya itu-itu saja dan sudah terbaca panitia. Segala perangkat komunikasi hingga jam digital juga dilarang digunakan selama ujian. (

 

Baca Juga :