Suasana Belajar Aktif

Suasana Belajar Aktif

akan menjawab sebuah pertanyaan dari seorang kawan baik yang bertanya Via Email dan pertanyaan tersebut, yakni “Bagaimana situasi belajar aktif? Suasana belajar aktif adalah situasi yang mampu memicu siswa lakukan pengalaman, interaksi, komunikasi, dan refleksi.

1. Pengalaman
Anak dapat belajar banyak melalui berbuat & pengalaman bersama dengan cara mengaktifkan lebih banyak indra dari terhadap hanya melalui mendengarkan. Mengenal ada benda tenggelam dan terapung didalam air, lebih mantap kalau dilaksanakan bersama dengan coba sendiri dari terhadap hanya menerima penjelasan dari guru.

2. Interaksi
Belajar dapat terjadi & meningkat kualitasnya, kalau terjadi didalam suatu pertalian bersama dengan orang lain, misal; berdiskusi, saling bertanya & mempertanyakan, atau saling menjelaskan. Pada pas orang lain mempertanyakan pendapat kita/apa yang kami kerjakan, maka kami mampu terpacu untuk berfikir menguraikan lebih memahami lagi, sehingga kualitas pendapat menjadi lebih baik.

3. Komunikasi
Pengungkapan pikiran dan perasaan, baik lisan maupun tulis, merupakan kebutuhan tiap-tiap manusia didalam rangka mengungkap dirinya untuk mencapai kepuasan. Pengungkapan pikiran, baik didalam rangka memberikan ide sendiri maupun menilai ide orang lain, dapat memantapkan pemahaman seseorang perihal apa yang sedang dipikirkan/dipelajari.

4. Refleksi
Bila seseorang mengungkap gagasannya kepada orang lain & mendapat tanggapan, maka orang itu dapat merenungkan lagi (refleksi) gagasannya itu. Kemudian, lakukan perbaikan, sehingga mempunyai ide yang lebih mantap lagi.
Refleksi mampu terjadi sebagai akibat dari pertalian dan komunikasi. Umpan balik dari guru/siswa lain terhadap hasil kerja seorang siswa, berbentuk pertanyaan yang menantang, memicu siswa berfikir & terpacu untuk lakukan refleksi perihal apa yang sedang dipikirkan/dipelajari.

Jadi demikianlah ulasan yang terhadap kesempatan kali ini mampu saya sampaikan, semoga bermanfaat, dan juga kawan baik pembaca mampu memahami ulasan di atas. Terima kasih telah menyempatkan diri membaca & berkunjung. Sampai Jumpa dan semoga kamu sukses!


Sumber: https://merkterbaru.id/