Prinsip-Prinsip Progresivisme

  1. Prinsip-Prinsip Progresivisme

  1. Berakar pada  Pragmatisme, yang orientasinya kepada mahasiswa
  2. Sasaran pendidikan adalah meningkatkan kecerdasaan praktis  dalam rangka  edfektifitas  pemecahan masalah yang disajikan melalui  pengalaman.
  3. Nilai bersifat relativ
  4. Manusia mempunyai kemampuan  yang wajar dan tepat menghadapi dan mengatsi masalah-masalah yang bersifat menekan atau mengancam keberadaan manusia.
  5. Filsafat ini menaruh kepercayaan  terhadap kekuatan alamiah manusia, kekuatan yang diwarisi manusia sejak lahir. Maksudnya manusia  sejak lahir  telah membawa  bakt dan kemampuan  atau potendi dasar terutama  daya akalnya, dengan akal manusia dapat   mengatasi segala  problematika hidupnya baik itu  tantangan, hambatan, ancaman maupun gangguan  yang timbul dari lingkungan  hidupnya.
  1. Implementasi dalam pendidikan
  1. Progresivismejkurang menyutujui adanya pendidikan yang bercorak otoriter, baik yang timbul pada zaman dahulu maupun sekarang. Karena pendidikan yang bersifat otoriter  mempunyai kesulitan  untuk mencapai tujuan yang baik, karena kurang menghargai dan  memberikan tempat  semestinya kepada kemampuan peserta didik. Dalam proses pendidikan.
  2. Progresivisme tidak mengakui   kemutlakan kehidupan, menolak absolutisme dan otoritarisme dalam segala bentuknya.
  3. Progresivisme yang meletakkan dasar  pada penghormatan yanng bebas atas martabat manusia dan martabat pribadi. Dengan  demikian filsafat  progresivisme, menjunjung tinggi hak asasi  incividu dan menjunjung tinggi  akan nilai demokrasi.[6]

https://bogorchannel.co.id/smart-ir-remote-anymote-apk/