Prinsip Geografi dan Contohnya

Prinsip Geografi dan Contohnya

Prinsip Geografi dan Contohnya

Prinsip Geografi dan Contohnya
Prinsip Geografi dan Contohnya
Geografi adalah ilmu yang mempelajari fenomena geosfer dan kehidupan di muka bumi beserta interaksi antara manusia dengan lingkungan yang berkaitan dengan susunan keruangan dan kewilayahan. Fenomena geosfer tersebut merupakan gejala alam sebagai hasil dari proses alam yang terjadi di bumi. Pada dasarnya, geografi membahas interaksi antara manusia dengan lingkungannya. Studi geografi menggunakan beberapa prinsip. Prinsip tersebut digunakan sebagai dasar uraian, dasar pengkajian, dan dasar pengungkapan gejala dan fakta geografi. Berikut adalah prinsip-prinsip geografi beserta contohnya. Langsung saja kita simak yang pertama:

1. Prinsip Sebaran (Distribusi)

Prinsip persebaran atau distribusi merupakan prinsip yang menjadi kunci pertama pada geografi. Dalam prinsip persebaran, gejala dan fakta geografi tersebar di permukaan bumi secara tidak merata dari satu wilayah dengan yang lain. Contoh prinsip persebaran adalah persebaran potensi air yang berbeda dari satu tempat dengan tempat lain.

2. Prinsip Interelasi (Hubungan)

Dengan melihat dan menggambarkan berbagai sebaran gejala dan fakta geografi dengan menggunakan prinsip sebaran, kita akan dapat mengungkap relasi (hubungan) antara satu gejala dan fakta dengan yang lain sehingga dapat diramalkan lebih lanjut. Hubungan tersebut dapat antara faktor fisis dan faktor non-fisis serta antara faktor fisis dan faktor manusia. Contoh prinsip interelasi adalah kekeringan yang terjadi sebagai dampak dari fenomena La Nina.

3. Prinsip Deskripsi

Prinsip deskripsi atau penjelasan adalah penggambaran lebih lanjut mengenai gejala dan fakta geografi. Deskripsi akan menjelaskan sebab akibat terjadinya interelasi. Prinsip ini menitikberatkan kepada kajian yang dilengkapi dengan peta, tabel, dan analisis data statistik. Contoh prinsip deskripsi berupa karya tulis atau karya ilmiah mengenai laut Indonesia yang menampilkan peta wilayah laut Indonesia.

4. Prinsip Korologi (Wilayah/Ruang)

Prinsip ini memiliki arti bahwa segala gejala dan fakta geografi yang ditinjau dari penyebaran dan interelasinya tidak terlepas dari eksistensi ruang itu sendiri. Ruang memberi karakteristik terhadap kesatuan gejala, kesatuan fungsi, dan kesatuan bentuk. Prinsip ini memadukan tiga prinsip geografi yang sudah disebutkan sebelumnya. Prinsip korologi merupakan prinsip dasar geografi yang menjadi salah satu ciri-ciri geografi modern. Contoh prinsip korologi adalah ketika kita akan meneliti hal yang berkaitan dengan suhu udara. Maka, kita harus meneliti perbedaan suhu udara di pedesaan dan perkotaan serta penyebab perbedaan tersebut