Perlu Diwaspadai! Suplemen Zat Besi Bisa Memicu Kanker Usus Besar

Perlu Diwaspadai! Suplemen Zat Besi Bisa Memicu Kanker Usus Besar – Penelitian terbaru mengindikasikan bahwa suplemen zat besi tertentu dapat memprovokasi perkembangan kanker usus besar. Penelitian yang dilaksanakan Chalmers University of Technology ini melafalkan bahwa dua senyawa, yaitu besi sitrat dan EDTA besi yang sering dipakai dalam suplemen makanan terbukti menambah pembentukan biomarker, senyawa penanda kanker.

Dilansir Zeenews, peneliti menyaksikan efek takaran suplemen normal dari senyawa ini pada dua jenis sel kanker kolon manusia. Sebagai perbandingan, peneliti pun mengukur efek sulfat besi, senyawa besi beda yang terdapat secara umum.

Hasilnya ditemukan bahwa sulfat besi tidak mempunyai efek. Sedangkan sitrat besi dan EDTA besi mengakibatkan peningkatan kadar seluler amphiregulin, biomarker penanda kanker. Ini bahkan terjadi pada takaran rendah.

“Kita dapat memutuskan bahwa sitrat besi dan EDTA besi mungkin mempunyai sifat karsinogenik sebab keduanya menambah pembentukan amphiregulin, penanda kanker yang dikenal sangat sering dikaitkan dengan kanker jangka panjang dengan prognosis buruk,” kata pengarang utama, Nathalie Scheers.

“Banyak toko dan pemasok tidak benar-benar mengaku apa jenis senyawa besi yang ada, bahkan di apotek. Biasanya, itu melulu mengatakan besi atau mineral besi, yang bermasalah untuk konsumen,” tambahnya.

Sementara, mayoritas zat besi yang diperlukan tubuh didapatkan melalui makanan laksana daging, ikan, sayuran, buah-buahan dan biji-bijian. Tetapi terkadang urusan itu tidaklah cukup. Bagi perempuan hamil memerlukan zat besi tambahan, serta orang-orang yang kehilangan darah atau mempunyai kadar hemoglobin yang rendah.

Sedangkan, pada pasien dengan penyakit ginjal, takaran tinggi zat besi mungkin dibutuhkan untuk mengikat fosfat ke dalam aliran darah. Temuan dari riset ini diterbitkan dalam jurnal Oncotarget.

Baca Juga: