Penyetelan Katup Motor 4 dan 6 Silinder

Penyetelan Katup Motor 4 dan 6 Silinder

Motor 4 Silinder Sebaris

Jika silinder pertama pada saat akhir langkah kompresi, maka katup yang dapat disetel ( X ) adalah :

Gambar 15. Katup Motor 4 Silinder Yang Dapat di Setel

M Katup masuk
B Katup buang
X Katup yang dapat
distel
1…6 = Nomor urut

  1. Motor 6 silinder 

Jika silinder keenam pada saat akhir langkah kompresi, maka katup yang dapat disetel ( X ) adalah :

Gambar 16 Katup Yang Dapat Disetel Motor 6 Silinder 

Kemudian penyetelan setengah dari jumlah katup yang belum distel dilakukan  dengan cara yang sama, yaitu setelah puli motor diputar satu putaran lagi / tanda TMA tepat.   Pasang tutup kepala silinder.- Hidupkan motor dan kontrol dudukan/kebocoran paking tutup kepala silinder-  serta sambungan-sambungan ventilasi karter.

2)      Cara Menyetel Katup Yang Benar

Fuler harus dapat didorong dan ditarik dengan agak rapat/seret. Fuler yang tidak rata / berombak dan tidak halus.

Gambar 17.  Cara Menyetel Katup Yang Benar

3)      Tempat Mengukur Celah Katup

Pengukuran celah katup pada penggerak katup yang menggunakan tuas ayun harus antara tuas dengan kam, bukan antara ujung tuas dengan ujung batang katup. 

Gambar 18. Tempat Mengukur Celah Katup 

4)      Penyetelan Katup dengan Plat Penyetel

Pada sistem ini, penyetelan plat penyetel dilaksanakan melalui mengganti plat penyetel dengan bermacam- macam ketebalan. Untuk menyetel celah katup, diperlukan satu set plat penyetel, mikrometer dan alat khusus untuk menekan mangkok penumbuk katup.

Gambar 19.  Penyetelan Katup dengan Plat Penyetel

  1. a)Cara menyetel

Untuk mencegah bercampurnya pelat penyetel dari sejumlah katup yang ada, stel katup satu persatu, seperti berikut : Ukurlah besar celah katup yang ada (A) dan catat.- Catatlah kesalahan celah (C), yaitu perbedaan ukuran celah antara  besar-  celah yang seharusnya (B) dan besar celah yang telah diukur. Kesalahan celah ini ( C = B – A ) digunakan untuk menentukan pelat penyetel dengan tebal yang tepat (D). Tekan mangkok penumbuk dengan alat khusus.-Keluarkan plat penyetel dengan tang khusus atau obeng. –

Gambar 20.  Cara Menyetel Katup dengan Plat Penyetel

Ukurlah tebal plat yang telah dilepas (E) dengan mikrometer, kemudian masukkan ke kotak set yang sesuai dengan ketebalannya.
Cari plat penyetel yang tebalnya sesuai (D) untuk menghasilkan celah katup- yang benar, yaitu D = E + C. Kontrol ketebalan plat baru dengan mikrometer.- Pasang plat penyetel yang baru pada mangkok.- Kontrol celah katup kembali.-

Baca juga: