Pengolahan Data

Pengolahan Data

Kegiatan pengolahan data terdiri dari:

(1) Pengklasifikasian data, yaitu menggolongkan aneka ragam jawaban itu ke dalam kategori-kategori yang jumlahnya lebih terbatas. pengklarifikasian perangkat kategori itu penyusunannya harus memenuhi bahwa setiap perangkat kategori dibuat dengan mendasarkan kriterium yang tunggal, bahwa setiap perangat kategori harus dibuat lengkap, sehingga tidak ada satupun jawaban responden yang tidak mendapat tempat, dan kategori yang satu dengan yang lain harus terpisah secara jelas tidak saling tumpang tindih

(2) Koding, yaitu usaha mengklasifikasikan jawaban-jawaban responden dengan jalan menandai masing-masing kode tertentu.Bila analisis kuantitatif maka kode yg diberikan adalah angka.bila angka itu berlaku sebagai skala pengukuran maka disebut skor

(3) Tabulasi, yaitu usaha penyajian data,terutama pengolahan data yg akan memjurus analisis kuantitatif,biasanya menggunakan tabel,baik tabel distribusi frekuensi maupun tabel silang.

Berdasarkan data yg diperoleh, peneliti akan menarik kesimpulan menjawab problemantik atau hipotesis atau tujuan penelitian yang diajukan.jika analisis data dilakukan dengan secara statistik,dari uji statistik yang telah dilakukan kemungkinan kesimpulannya berikut ini:

1)      Hubungan antara variabel-variabel penelitian atau perbedaan antara sampel-sampel yang diteliti sangat signifikan atau signifikan.

2)      Hubungan antara varibel-varibel yang diteliti atau perbedaan antara sampel-sampel yang diteliti tidak signifikan (Sutrisno Hadi,1981 23-24).

Dalam kemungkinan hasil yang pertama, kemungkinan besar hipotesis alternatifnya diterima (hipotesis nihil ditolak). Menerima hipotesis alternatif berarti adanya dugaan hubungan atau adanya perbedaan dinyatakan terbukti. Sebaliknya dalam kemungkinan hasil yg kedua, hipotesis alternatifnya dinyatakan tidak terbukti.

 

Sumber :

https://solopellico3p.com/samsung-siapkan-pengisi-daya-nirkabel/