pengertian teknologi informasi dan komunikasi

Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi

Memahami TIK – teknologi informasi dan komunikasi menyederhanakan kehidupan manusia. Jika Anda menggunakan alat teknologi informasi dan komunikasi, kedua benua akan merasa tidak dapat dipisahkan. Kehadiran komputer, internet, ponsel, dan berbagai alat teknologi informasi dan komunikasi membuat arus informasi lebih lancar. Apa itu Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)?

Definisi TIK

Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) mencakup semua teknologi yang berkaitan dengan penanganan informasi. Perawatan ini termasuk pengumpulan, pengumpulan, pemrosesan, penyimpanan, penyebaran dan penyajian informasi. Dengan demikian, TIK adalah teknologi yang berhubungan dengan pengumpulan, pengumpulan, pemrosesan, penyimpanan, distribusi, dan penyajian informasi.

Diukur dengan komposisi kata, teknologi informasi dan komunikasi terdiri dari tiga (tiga) kata, masing-masing dengan maknanya sendiri. Kata pertama, teknologi, berarti pengembangan dan penerapan alat, mesin, bahan, dan proses yang membantu orang memecahkan masalah mereka. Istilah teknologi sering menggambarkan penemuan alat baru yang menggunakan prinsip dan proses penemuan ilmiah.

Kata kedua dan ketiga, yaitu informasi dan komunikasi, terkait erat dengan data. Informasi adalah hasil dari pemrosesan, manipulasi, dan pengorganisasian serangkaian data yang membuat pengetahuan berharga bagi pengguna. Komunikasi adalah proses penyampaian informasi (pesan, ide, ide) dari satu pihak ke pihak lain sehingga ada hubungan yang saling berpengaruh antara keduanya.

Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa teknologi informasi dan komunikasi adalah hasil pengembangan manusia dalam proses pengiriman informasi dan proses pengiriman pesan (ide, ide) dari satu pihak ke pihak lain sehingga menyebar lebih cepat dan lebih luas. dan tersedia penyimpanan lebih lama.

Mengenal perangkat TIK

Kata informasi memiliki arti tersendiri dan membutuhkan alat atau perangkat keras khusus dalam penerapannya. Begitu juga dengan kata komunikasi. Sekarang kita tahu begitu banyak alat komunikasi yang membuat penghapusan masalah selama tersedia. Informasi dapat dilihat atau dikirim ke tujuan jauh menggunakan alat berikut.

  • Komputer, yang merupakan alat yang berguna untuk mengolah data menjadi informasi sesuai dengan prosedur yang dirumuskan sebelumnya.
  • Proyektor LCD (Liquid Crystal Display), alat untuk melihat informasi yang berasal dari komputer atau media informasi lainnya seperti pemutar DVD.
  • OHP (Overhead Projector), alat untuk menampilkan informasi statis yang ditulis pada plastik bening.
  • Radio, penerima informasi yang berasal dari stasiun pemancar dalam bentuk gelombang elektromagnetik yang mentransmisikan informasi suara.
  • Televisi menerima informasi dalam bentuk gambar dan suara. Televisi berasal dari kata tele (televisi) dan visi (visual / visual).
  • Internet adalah hubungan antar komputer dalam jaringan global yang dapat digunakan setiap komputer untuk berbagi informasi.
  • GPS (Global Positioning System) adalah alat informasi yang dapat digunakan untuk menentukan posisi, arah atau kecepatan benda di permukaan bumi.
  • Faks, alat untuk mengirim dan menerima dokumen melalui saluran telepon. Dokumen yang dikirim melalui faks persis sama dengan dokumen aslinya.
  • Satelit komunikasi, yaitu benda buatan yang ditempatkan di ruang untuk keperluan telekomunikasi.
  • Telepon, yang merupakan sarana komunikasi yang berguna untuk mengirim data suara melalui sinyal listrik.
  • Telepon seluler atau seluler, yang merupakan perangkat komunikasi seluler untuk mentransmisikan data suara. Ponsel menggunakan gelombang elektromagnetik sebagai saluran.
  • Modem, perangkat keras yang mengubah sinyal digital menjadi sinyal listrik yang dapat merambat melalui telepon, dan sebaliknya. Modem adalah perangkat penting untuk mengakses Internet.

Semoga pernyataan di atas tentang pemahaman teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dapat bermanfaat bagi Anda. Dalam kasus kesalahan dalam bentuk tulisan atau diskusi, kami meminta kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama.

Baca Juga :