Pengertian Pelapukan Secara Umum

Pengertian Pelapukan Secara Umum

Pengertian Pelapukan Secara Umum

Pengertian Pelapukan Secara Umum
Pengertian Pelapukan Secara Umum

Secara umum pengertian atau definisi Pelapukan

Menurut para ahli yang telah disimpulkan bahwa pengertian pelapukan adalah proses rusaknya batu-batuan (juga benda lain) pada tempat asalnya. Pelapukan merupakan sebagian sumber kekuatan yang ditimbulkan oleh tenaga eksogen, pengertian eksogen dan penjelasannya telah dibahas sebelumnya dimana sumber-sumber kekuatan yang ditimbulkan tenaga eksogen adala pelapukan, erosi, dan sedimentasi.

Dalam jenis-jenis pelapukan berdasarkan

Terjadinya yakni mekanik, kimia, dan organik, untuk mengetahui jenis-jenis pelapukan atau macam-macam pelapukan secara jelas, dimana penjelasan tentang jenis-jenis pelapukan atau macam-macam pelapukan ada dibawah ini.
  1. Pelapukan Mekanik adalah rusaknya batuan karena faktor panas dan dingin. Proses panas dan dingin setiap hari menyebabkan batuan retak dan pecah-pecah. Selain itu, air yang mengalir, angin yang bertiup dan ombak yang menghantam karang juga berakibat pada pecahnya batu-batuan menjadi klastika-klastika berukuran besar sampai yang kecil. Contohnya, bongkah, kerakal, krikil, pasir, debu, dan lempung.
  2. Pelapukan Kimia adalah rusaknya batu-batuan akbiat reaksi kimia. Contohnya, air hujan karena mengandung CO2 dapat melarutkan batuan gamping.

 

Pelapukan Organik adalah

Rusaknya batu-batuan akbiat aktivitas makhluk hidup. Aktivitas makhluk hidup ini ada yang bersifat mekanik dan kimiawi. Aktivitas mekanik menimbulkan pelapukan biomekanik. Contohnya, manusia memecah batu, mengolah tanah, menggali lubang tambang, pijakan kaki hewan-hewan besar menimbulkan lubang hingga tanah longsor, dan desakan akar dapat memecah batuan atau tembok.

Ativitas Kimia yang menimbulkan pelapukan biokimia

Contohnya akar tanaman dan hewan-hewan serta bakteri yang mengeluarkan cairan (excreet) bersifat asam untuk melunakkan batu-batuan sehingga dengan mudah dapat menembusnya. Sisa tumbuhan-tumbuhan (humus) dapat menggemburkan tanah yang keras hingga menjadi tanah gembur dan dpat ditanami. Dengan begitu, dapat dikatakan bahwa pelapukan merupakan proses pembentukan tanah.


Baca Juga :