Pengertian Insomnia Lengkap

Sulit tidur nyenyak membuat tubuh lelah keesokan harinya. Anda mengantuk dan tidak dapat berkonsentrasi dengan baik ketika Anda sedang bepergian. Meskipun umum, gejala insomnia cenderung lebih umum pada orang dengan gangguan mental. Penyakit mental apa yang menyebabkan Anda susah tidur? Ayo, simak ulasan berikut ini.

Apa itu insomnia?
Insomnia adalah gangguan tidur yang ditandai dengan kesulitan mulai tidur, sering terbangun di malam hari dan sulit tidur lagi, dan bangun lebih awal dari biasanya dan sulit untuk kembali tidur setelah bangun tidur.

Pengertian Insomnia

Insomnia bukan hanya penyakit, tetapi juga merupakan gejala penyakit. Bagaimana itu mungkin? Jika gangguan tidur ini terjadi tanpa diikuti oleh masalah kesehatan lainnya, insomnia disebut penyakit primer atau insomnia. Biasanya ini terjadi karena penggunaan alkohol atau efek samping dari beberapa obat.

Sementara itu, jika insomnia muncul karena kondisi medis tertentu, insomnia disebut insomnia sekunder. Umumnya gejala insomnia terjadi pada orang dengan asma, radang sendi atau masalah mental.

Masalah mental yang menyebabkan gejala insomnia
Ada beberapa masalah mental yang menyebabkan gejala insomnia, termasuk:

1. Depresi
terapi cahaya cara mengatasi depresi menghilangkan depresi
Sekitar tiga perempat pasien depresi mengalami gejala insomnia. Gejala-gejala ini memiliki dampak kuat pada kualitas hidup dan dapat mendorong pasien untuk mencoba bunuh diri.

Depresi adalah gangguan mood yang membuat seseorang merasa sedih, putus asa, tidak berdaya dan tidak berharga. Semua emosi negatif ini membuat pikiran Anda, sehingga sulit untuk tidur.

2. Gangguan kecemasan
merasa kesepian
Hampir 90% orang dewasa dengan gangguan kecemasan melaporkan memiliki gejala insomnia sedang hingga berat. Orang dengan gangguan kecemasan cenderung lebih cemas, berekspresi berlebihan dan mengalami kesulitan mengatasinya.

Sekalipun tubuh lelah, ketakutan, kesiapan, dan kekhawatiran yang terus muncul membuat seseorang sulit untuk mencoba tidur nyenyak.

3. Serangan panik
perbedaan skizofrenia dan gangguan bipolar
Serangan panik menyebabkan jantung berdetak cepat, tremor, pusing, keringat berlebih, dan sesak napas. Sebagian besar pasien dengan gangguan ini biasanya mengalami serangan panik nokturnal, yang merupakan serangan panik yang terjadi selama tidur.

Serangan panik nokturnal dapat mengembangkan gejala insomnia karena pasien merasa takut dan berusaha menghindari tidur.

4. Gangguan bipolar
gangguan bipolar
Gangguan bipolar menyebabkan seseorang mengalami perubahan ekstrim dalam suasana hati, dari depresi (depresi) menjadi mania (aktif tidak terkontrol). Satu studi menunjukkan bahwa selama episode depresi dan mania, hampir semua pasien mengalami gejala insomnia.

Seperti halnya depresi pada umumnya, bahkan pasien bipolar yang mengalami episode ini tidak dapat tidur nyenyak. Sementara selama episode mania, itu bisa membuat mereka lupa kelelahan, sehingga mereka tidak bisa mulai tidur.

Jika gejala insomnia berlanjut, apa pengaruhnya?
Tidur adalah waktu bagi tubuh untuk beristirahat. Jika Anda tidak cukup tidur, Anda menjadi mengantuk, lelah, dan mudah tersinggung. Terutama pada orang dengan masalah mental. Gangguan insomnia yang tidak membaik akan mengurangi kualitas hidup pasien.

Penderita depresi, misalnya. Mereka yang cenderung tidak makan dengan baik akan secara alami menurunkan sistem kekebalan tubuh mereka. Berbagai infeksi dari virus, jamur atau bakteri menjadi lebih sensitif. Gejala depresi lainnya menjadi lebih buruk.

Cara meningkatkan tidur jika Anda memiliki masalah mental
Kunci untuk menangani gejala mental yang berhubungan dengan insomnia adalah untuk mengobati masalah mental. Jika tidak, kualitas tidur mungkin tidak membaik secara optimal atau dapat muncul kembali dengan mudah.

Nah, untuk mengatasi masalah mental biasanya, Anda akan mengikuti terapi obat, terapi perilaku kognitif (CBT), terapi inhalasi dengan visualisasi dan terapi lain yang direkomendasikan oleh dokter Anda.

Selain itu, ada cara lain yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan kualitas tidur, seperti merencanakan tidur dan bangun. Jika Anda biasanya tidur pada jam 1:00 siang, cobalah tidur lebih awal sehingga mengurangi jam sebelumnya. Lakukan secara bertahap dalam beberapa minggu agar terbiasa.

Baca juga: