Pengertian dan Cara Kerja Internet

Pengertian dan Cara Kerja Internet

Pengertian dan Cara Kerja Internet

Pengertian dan Cara Kerja Internet

Internet adalah

suatu jaringan komputer yang dibentuk pada tahun 1970-an. Jaringan komputer tersebut disebut dengan arpanet, yaitu jaringan komputer yang dibentuk oleh departemen pertahanan AS. Lalu, jaringan komputer diperbarui dan dikembangkan dan sekarang penerusnya menjadi tulan punggung global untuk sumber daya informasi yang disebut dengan “INTERNET”.


Cara Kerja Internet

Sebuah komputer pengguna (client Computer) yang hendak dihubungkan ke jaringan Internet, pada awalnya harus terhubung kesebuah Server. Dengan adanya sebuah server yang mengatur akses dan mengirimkan data-data dari dan kedalam internet yang diminta oleh beberapa client server, sehingga komputer client dapat mengakses website, chating, email, dan lain sebagainya.


Penghubung antara Server dan Client Komputer untuk menterjemahkan beragam bahasa komputer disebut Protokol. Jika anda mengakses ebuah alamat misalnya http:// yang artinya adalah hyper text transfer protocol dan itu tandanya anda telah terhubung dengan jaringan komputer. Kemudian untuk mengenal masing-masing jutaan Client Komputer di dunia internet, maka masing-masing komputer memiliki alamat Internet Protocol (IP) masing-masing. Alamat IP atau yang sering juga disebut IP


Address akan memberikan informasi dari paket mana berasal dan akan ditujukan ke mana sebuah data.
Selain IP Address juga ada perangkat yang paling populer di dunia Internet, yaitu Web Browser. Agar Clinet Komputer yang anda gunakan dapat melihat informasi yang dikirim dari server, maka dibutuhkan perangkat internet Browser. Internet Browser yang paling terkenal sejauh ini adalah Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera dan lain sebagainya.


Baca Juga :