PENGERTIAN CONJUNCTIVE ADVERB DAN CONTOH KALIMATNYA

PENGERTIAN CONJUNCTIVE ADVERB DAN CONTOH KALIMATNYA

PENGERTIAN CONJUNCTIVE ADVERB DAN CONTOH KALIMATNYA

PENGERTIAN CONJUNCTIVE ADVERB DAN CONTOH KALIMATNYA

CONJUNCTIVE ADVERB

Selamat datang dan berjumpa lagi, masih seputar adverb atau kata keterangan, adverb merupakan salah satu jenis part of speech bahasa ingris yang wajib dipahami jika ingin bisa berbahasa inggris dengan baik dan benar. Adverb memiliki banyak jenis, anda bisa melihat di sini pada postingan pengertian dan macam-macam adverb. Oke, kali ini kita akan masih membahas tentang salah satu jenis adverb yaitu conjunctive adverb, apa itu conjunctive adverb? Untuk lebih jelasnya silahkan simak pembahasan berikut ini.

Pengertian Conjunctive Adverb

Conjunctive adverb adalah sebuah adverb yang memiliki fungsi sebagai konjungsi atau sebagai penghubung anatara dua independent clause. Konjungsi ini memiliki peran sebagai peralihan dan relasi antara satu pokok pikiran(ide) dengan pokok pikiran yang lain. Conjunctive adverb dalam kalimat menunjukkan adanya sebuah hubungan addition (penambahan), contrast (pertentangan), Cause-effect (sebab/akibat), dan time (waktu). Conjunctive adverb antara lain;

Penggunaan Conjunctive Adverb dan Contoh Kalimatnya

Dalam penggunaan conjunctive adverb dapat ditempatkan pada awal, tengah, maupun akhir dan menunjukkan adanya sebuah hubungan addition (penambahan), contrast (pertentangan), Cause-effect (sebab/akibat), dan time (waktu) dalam kalimatnya. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat penjelasan pada tabel di bawah ini.

Oke, saya kira cukup pembahasan tentang conjunctive adverb dan contoh kalimat kali ini, semoga bermanfaat. Silahkan anda berkomentar di bawah jika ada yang ingin ditanyakan atau kurang paham dengan materi yang di sampaikan di atas. Dan saya sebagai penulis Mohon maaf dan mohon koreksinya juga bila ada kesalahan atau kekurangan dalam penulisan materi. Terima kasih.

 

Sumber: https://www.sekolahbahasainggris.com/