Bentuk Lipatan dan Patahan

Pengertian & Bentuk Lipatan dan Patahan

Pemahaman dan bentuk lipatan dan kesalahan – Proses mengubah bentuk kulit bumi dalam bentuk gunung, gunung, dataran tinggi, lembah dan retakan yang dihasilkan dari pergerakan lempeng bumi disebut gejala diastropik.

Peristiwa yang dihasilkan dari gaya endogen menyebabkan berbagai bentuk permukaan bumi. Formasi mungkin dalam bentuk lipatan atau retakan.

Tumpukan Bagian

Bentuk muka bumi dalam bentuk lipatan muncul karena tekanan horisontal lapisan sedimen. Lipatan itu terdiri dari dua bagian: antiklin dan sinklinal.

a Antiklin adalah lipatan yang memiliki posisi lebih tinggi daripada lipatan lainnya. Lipatan antiklin membentuk tanah menjadi cembung, misalnya, gunung atau bukit.

b. Bagian synclinal adalah lipatan yang memiliki bagian lebih rendah daripada lipatan lainnya. Lipatan synclinal membentuk permukaan cekung, seperti lembah.

Kerutan yang rumit dapat terjadi jika ada kombinasi lipatan sinklinal dan antiklinal. Lipatan lipatan biasanya disebut antiklinorium, sedangkan lipatan biasanya disebut sinklinorin. Ada beberapa jenis lipatan, termasuk lipatan tegak, miring, menggantung, isoklinal dan telentang.

Puncak lipatan dapat diperpanjang, membentuk serangkaian gunung hingga ribuan kilometer. Pegunungan ini disebut sirkus. Di permukaan bumi ada dua set lipatan gunung, yaitu:

lingkar pegunungan mediterania dan lingkaran gunung pasifik.

Bentuk Lipatan dan Patahan

a. Kontur pegunungan Mediterania

Rantai Mediterania membentang dari wilayah Pegunungan Atlas di Afrika Utara, Maroko ke Pegunungan Alpen di Swiss, Pegunungan Kaukasus di Asia Tengah, hingga Himalaya dan menurun di Teluk Benggala, India.

Gunung-gunung ini bangkit dan muncul kembali di pegunungan di sekitar Kepulauan Andaman, di beberapa gunung di Indonesia,

yaitu di pegunungan Bukit Barisan di Sumatra, Jawa, Bali, dan Kepulauan Nusa Tenggara, dan berakhir dengan pulau-pulau di sekitar laut Banda (pulau Buru). , Lihatlah peta dunia, temukan area yang disebutkan di atas, dan buat garis untuk mendapatkan gambar.

b. Jalur Gunung Pasifik

Lingkaran Pasifik mencakup Pasifik, dari pegunungan di Selandia Baru, daerah pegunungan di pulau-pulau di sekitar Sulawesi, Papua, Halmahera, hingga pegunungan di Filipina, dari Jepang hingga pegunungan Sierra Nevada, Pegunungan Rocky di Amerika Serikat, dan berakhir di Andes di Selatan. Amerika

Bentuk Kesalahan

Bentuk patahan disebabkan oleh perubahan posisi permukaan bumi di bawah aksi gaya endogen. Celah biasanya terjadi di kulit bumi dalam bentuk batu. Bidang di mana kesalahan terjadi dapat digeser dari lokasi asli. Shift disebut kerusakan.

Tergantung pada arah kesalahan dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu: kesalahan vertikal dan horisontal.

a Kesalahan vertikal

Jika bagian dari kesalahan bergerak ke atas atau ke bawah, ini disebut kesalahan vertikal. Jika kelihatannya sebagian dari kerusakan itu bergerak ke atas, maka ini disebut kerusakan ke atas, sedangkan jika bagian dari kerusakan itu tampak jatuh, maka ini disebut kerusakan ke bawah.

Bagian kesalahan rendah atau rendah disebut graben. Bagian ini akan membentuk lembah keretakan. Sementara itu, bagian yang lebih tinggi atau lebih tinggi disebut segelintir. Bagian ini adalah puncak kesalahan.

b. Kesalahan horizontal

Kesalahan horizontal – kesalahan yang bergerak horizontal. Posisi ofset pergeseran adalah horisontal, sehingga tidak membentuk cekungan atau puncak dari posisi sebelumnya. Biasanya, dalam jenis kesalahan ini, bagian kulit bumi yang rusak hanya tampak seperti garis atau hanya membelahnya.

Baca Juga :