Pengertian Anggaran

Pengertian Anggaran

Pengertian Anggaran

Pengertian Anggaran
Pengertian Anggaran

Anggaran secara luas (business budget) dijelaskan sebagai suatu pendekatan yang sistematis di dalam melaksanakan tanggung jawab manajemen dalam perencanaan, koordinasi, dan pengawasan (Gunawan Adisaputro dan Marwan Asri 1996:16)

Mulyadi (2001:488) mengemukaan bahwa anggaran adalah suatu rencana yang sistematis yang meliputi seluruh kegiatan perusahaan yang dinyatakan dalam unit kesatuan moneter dan berlaku untuk jangka waktu (periode) tertentu yang akan datang.

Sedangkan menurut Munandar (1986), anggaran (budget) adalah suatu rencana yang disusun secara sistematis, meliputi seluruh kegiatan perusahaan, dinyatakan dalam unit (kesatuan) moneter dan berlaku untuk jangka waktu (periode) tertentu yang akan datang.

Proses penyusunan anggaran merupakan proses akuntansi dan proses manajemen. Disebut proses akuntansi karena penyusunan anggaran meliputi studi mekanisme, prosedur merakit data, dan format anggaran. Disebut proses manajemen karena penyusunan anggaran merupakan proses penetapan peran tiap kepala bagian/satuan kerja sebagai pusat-pusat pertanggungjawaban dalam pelaksanaan aktivitas sebuah organisasi. Anggaran adalah sebuah alat manajerial dalam mencapa tujuan organisasi.

Baca Juga :