pemikiran kalam ulama modern

PEMIKIRAN KALAM ULAMA MASA KINI ‘ISMAIL AL-FARUQI’

Biografi Ismail al-Faruqi

Ismail Raji al-Faruqi adalah seorang intelektual muslim yang berasal dari palestina. Ia dilahirkan pada tanggal 1 januari 1921 di Jaffa Palestina. Pendidikan awalnya ditempuh di lembaga pendidikan yang bernama Collage de Fereres di Lebano, dari tahun 1926-1936. Kemudian Ia melanjutkan studinya ke sebuah perguruan tinggi di barat, yaitu American University, hingga mencapai gelar sarjana muda pada tahun 1941. Setelah itu dirinya menjadi pegawai pemerintah Palestina , yang ketika itu masih dibawah mandat Inggris, selama empat tahun. Setelah itu ia diangkat menjadi gubernur Galilea yang terakhir karena pada tahun 1947 provinsi yang dipimpimnya itu jatuh ketangan Israel. Keadaan tersebut memaksanya untuk pindah ke Amerika Serikat pada tahun 1948.[1]
Kepindahannya ke Amerika Serikat ternyata merubah haluan hidupnya. Dia berubah menggeluti dunia akademik dan sangat memperhatikan persoalan-persoalan ilmu pengetahuan. Perhatiannya ini akhirnya menjadi motivasi baginya untuk terus melanjutkan studinya ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Pada tahun 1949, al-Faruqi meraih gelar M.A dalam bidang filsafatdi Indiana University. Selain itu al-Faruqi juga mengikuti kuliah di Harvard University dan mengambil disiplin ilmu yang tidak jauh berbeda dengan kuliahnya di Indiana University. Ia pun mendapaat gelar kedua kalinya dengan tesis yang berjudul :”on justifying in good, metaphisyc and epistemology of value”(tentang pembenaran kebaikan , metafisika, dan epistemology nilai). Gelar doktornya diraih di Indiana University. Setelah itu ia memperdalam ilmu keislaman di Al-Azhar, Kairo Mesir. Hal itu ia lakukan dalam rangka menyeimbangkan antara metodologi dan kerangka keilmuan yang dimiliki dengan materi keislaman. Studinya di Al-Azhar berlangsung selama empat tahun.
Sebagi perwujudan rasa tanggung jawab moralnya sebagai ilmuan atau intelektual, setelah menyalesaikan studinya di Chicago al-Faruqi berusaha menyosialisasikan keilmuannya dengan memberikan kuliah di Mc. Gill University, Montreal Canada, pada tahun 1959. Ia bersama teman-temannya juga terlibat dalam kegiatan Central Institute for Islamic Research dengan jurnal yang diberi nama Islamic Studies. Keterlibatannya itu menyebabkannya pindah ke Karachi pada tahun 1961. Di Pakistan ia hanya mampu bertahan sekitar dua tahun. Pada tahun 1963 ia kembali ke amerika serikat dan memberi kuliah di fakultas agama di University of Chicago. Selanjutnya ia pindah ke program pengkajian isalam di Syiracus University, New York. Lima tahun kemudia yaitu pada tahun 1968, ia pindah ke Tample University, Philadelphia, sebagai professor (guru besar) agama dan mendirikan pusat pengkajian islam. Al-faruqi juga aktif member kuliah di universitas ini sampai akhir hayatnya, yaitu tahun 1986.
Disamping itu, ia juga menjadi dosen luar biasa di berbagai pergurun tinggi diberbagi Negara, seperti di Mindanao State University, Marawy City (Philadelphia ); Universitas Islam di Qom (iran); dan sebagai professor tamu bidang sastra dan kebudayaan islam di University kebangsaan Malaysia. Dia juga sebagai perancang utama kurukulum di the American Islamic College, Chicago.


Sumber: https://robinschone.com/