Pantangan Yang Harus Dihindari Setelah Operasi Caesar

Tidak seperti persalinan normal, ibu yang menjalani operasi caesar membutuhkan waktu pemulihan yang lebih lama. Tentu saja, pulih dari operasi caesar tidak mudah. Banyak hal yang harus diperhatikan bagi ibu yang baru saja menjalani operasi caesar. Bahkan, ada beberapa pembatasan setelah operasi caesar yang harus dilakukan oleh ibu untuk pulih dengan cepat. Apa saja hal yang tidak boleh dilakukan oleh ibu setelah operasi caesar?

Berbagai batasan setelah operasi caesar yang seharusnya diketahui ibu
Tak lama setelah operasi caesar, ia mungkin tidak segera diizinkan untuk pulang dan diundang untuk menghabiskan beberapa hari untuk dirawat di rumah sakit. Ketika Anda berada di rumah sakit, Anda akan diperlakukan dengan baik oleh tim medis Anda.

Namun, ketika Anda berada di rumah, Anda harus menjaga diri sendiri sehingga Anda dapat dengan cepat pulih dan kembali ke kegiatan normal. Padahal, rata-rata wanita membutuhkan sekitar 3 bulan untuk pulih setelah operasi. Tentu saja, jika rekomendasi dilakukan dengan benar dan tabu harus dihindari.

Jadi apa saja hal-hal yang tidak akan dilakukan setelah operasi caesar yang sukses?

Tidak melakukan aktivitas fisik setelah operasi sesar
1. Lakukan aktivitas fisik yang intens. Tentu saja, Anda tidak diperbolehkan melakukan aktivitas fisik atau olahraga intens, seperti aerobik, bersepeda, dan berenang. Tapi itu tidak berarti Anda bisa duduk atau tinggal sepanjang hari di rumah. Anda dapat melakukan aktivitas fisik yang membuat tubuh Anda bergerak seperti berjalan.

2. Berhubungan seks dengan pasangan. Para ahli merekomendasikan untuk tidak melakukan hubungan seks dalam 6 minggu setelah operasi. Pada saat itu, rahim pulih dan perdarahan biasanya berhenti total. Selanjutnya, perubahan hormon yang terjadi setelah operasi caesar akan membuat Anda kurang bersemangat. Karena itu, tubuh Anda perlu waktu untuk mengembalikannya ke normal.

3. Kurang tidur. Walaupun sangat sulit untuk mengatur waktu tidur Anda karena Anda harus merawat bayi baru lahir Anda dan memberinya ASI eksklusif, tetapi Anda harus pintar untuk menemukan waktu istirahat untuk beristirahat sendiri.

4. Bawa benda berat. Hindari membawa benda-benda yang beratnya lebih dari anak, karena ini akan mempengaruhi luka operasi.

bagaimana menjaga anak

Pantang dalam pengobatan luka setelah operasi caesar
1. Jangan menjaga kebersihan pribadi. Yang perlu diingat ketika Anda diizinkan pulang ke dokter adalah menjaga agar luka operasi tetap bersih. Anda tidak benar-benar perlu mengganti perban ganti sendiri – biasanya ketika Anda memeriksakan diri ke dokter, yang harus Anda lakukan hanyalah menjaga kebersihan pribadi. Biasakan mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun dan pastikan area luka tetap bersih.

2. Basahi luka bedah. Biasanya, titik-titik operasi caesar dihilangkan 2-3 miggu nanti. Ini memaksa Anda untuk menjaga jahitannya tetap kering, sehingga penyembuhan luka terjadi dengan cepat.

Pantang dari makanan dan minuman setelah operasi caesar
1. Diet ketat. Pada kenyataannya, tidak ada makanan atau minuman yang harus Anda hindari. Mempertahankan pola makan sehat sudah cukup untuk membantu proses pemulihan. Hindari mengikuti diet ketat setelah operasi caesar. Meskipun Anda ingin berat badan Anda kembali normal, tetapi mengikuti diet ketat tidak hanya memperpanjang proses pemulihan, tetapi juga memengaruhi kualitas ASI Anda.

2. Kurang serat dan kurang minum. Banyak yang mengalami sembelit atau kesulitan buang air besar sesaat setelah operasi. Ini akan membuat Anda tidak nyaman. Apalagi ketika Anda mendorong lebih keras (ganas), itu akan menyebabkan rasa sakit pada luka bedah. Jadi untuk menghindari hal ini, perbanyak dengan mengonsumsi makanan berserat dan minum cukup air.

semoga Bermanfaat

Baca Juga :