Otak Kecil (Cerebellum)

Otak Kecil (Cerebellum)

Otak Kecil (Cerebellum)

Otak Kecil (Cerebellum)

Otak Kecil atau Cerebellum terletak

di bagian belakang kepala, dekat dengan ujung leher bagian atas. Cerebellum mengontrol banyak fungsi otomatis otak, diantaranya: mengatur sikap atau posisi tubuh, mengkontrol keseimbangan, koordinasi otot dan gerakan tubuh. Otak Kecil juga menyimpan dan melaksanakan serangkaian gerakan otomatis yang dipelajari seperti gerakan mengendarai mobil, gerakan tangan saat menulis, gerakan mengunci pintu dan sebagainya.


Jika terjadi cedera pada otak kecil, dapat mengakibatkan gangguan pada sikap dan koordinasi gerak otot. Gerakan menjadi tidak terkoordinasi, misalnya orang tersebut tidak mampu memasukkan makanan ke dalam mulutnya atau tidak mampu mengancingkan baju.


Otak kecil (Serebelum) terdiri dari 2(dua) belahan berliku-liku dan yang sangat dalam. Fungsi dari otak kecil ialah untuk dapat mengkoordinasikan kegiatan atau aktivitas lokomotor tubuh, antara lain ialah untuk mengaturan otot, posisi, serta juga keseimbangan tubuh. Rusaknya pada bagian serebelum tersebut dapat mengakibatkan seseorang tersebut akan kehilangan koordinasi didalam gerakan otot tubuh. Otak kecil itu terletak pada bawah bagian posterior dari otot besar.


Permukaan pada otak kecil tersebut terdapat materi abu-abu yang disebut ialah dengan korteks serebelar. Otak kecil terbagi menjadi 3(tiga) lobus yakni :

  1. lobus sentral (vermis),
  2. dua lobus lateral atau juga lobus cerebellar.

Baca Juga :