Misi Pengangkutan Terberat di Tengah Laut

Misi Pengangkutan Terberat di Tengah Laut

Misi Pengangkutan Terberat di Tengah Laut

Misi Pengangkutan Terberat di Tengah Laut
Misi Pengangkutan Terberat di Tengah Laut

TIDAK ada bangunan yang berdiri megah di tengah laut selain struktur

yang berfungsi sebagai tempat pengeksplorasian minyak dan gas, yakni anjungan lepas pantai.
Beberapa dari kita pasti berpikir bagaimana membangun struktur raksasa di tengah laut dan bagaimana pula cara membongkarnya? Membongkar struktur raksasa termasuk rumit, biasanya bagian demi bagian dilucuti di lokasinya baru kemudian bagian-bagian itu dikirim ke daratan. Bulan lalu, proses pembongkaran sebuah struktur anjungan lepas pantai raksasa milik perusahaan minyak di Inggris, Shell, Brent Delta, dilakukan dengan pendekatan baru.

Selain melucuti bagian-bagian struktur di lepas pantai, proses pembongkaran

juga memanfaatkan kekuatan spektakuler dari kapal terbesar di dunia Pioneering Spirit untuk memindahkannya ke daratan. Kapal raksasa berlambung kembar itu merupakan rancangan perusahaan Swiss-Belanda Allseas Group. Kapal sepanjang 1.253 kaki itu dirancang khusus untuk memindahkan atau memasang struktur anjungan lepas pantai. Desain kapal dengan bentuk tapal kuda ditujukan agar dapat sesuai dengan proses pemasangan struktur anjungan lepas pantai.

Kapasitas angkatnya sebesar 48.000 ton, dua kali berat Brent

Delta atau sama dengan 6 menara Eiffel. Pendekatan yang telah direncanakan sejak satu dekade itu tidak berarti memindahkan keseluruhan dari struktur anjungan lepas pantai, hanya bagian atasnya, yaitu wilayah operasional pekerja yang memiliki berat 24 ribu. Hanya membutuhkan beberapa detik untuk mengangkat struktur dari tiga kaki beton penyangga ke atas Pioneering Spirit. Awal tahap pemindahan dimulai dari tiga kaki penyangga Brent Delta yang dipotong di atas permukaan laut dengan kawat baja berlapis berlian.

 

Baca Juga :