Mengatasi Anak Rewel ketika Bangun Pagi

Mengatasi Anak Rewel ketika Bangun Pagi

Anak rewel ketika bangun pagi sering menjadi persoalan rutin yang dihadapi semua orang tua. Masalah ini juga kerap muncul saat mereka sudah menginjak usia sekolah, baik playgroup, TK, ataupun SD. Hal ini pasti saja jangan didiamkan, terutama sebab bisa dominan kepada kegiatan rutin si kecil berikutnya dan orang tua.

Untuk itu, Anda mesti mempunyai trik eksklusif dalam mengatasinya. Ada sejumlah cara yang dapat dilakukan guna menghadapi anak rewel ketika bangun pagi, di antaranya merupakan:

1. Biasakan anak untuk istirahat lebih awal

Ada beragam dalil yang mengakibatkan anak rewel ketika bangun pagi. Salah satunya merupakan, sebab durasi istirahat yang kurang. Hasilnya, mereka juga bangun dalam situasi yang lelah. Hal ini juga menjadi penyebab mereka malas bangun dan rewel di pagi hari.

Oleh sebab itu, tidak terdapat salahnya untuk membudayakan anak istirahat lebih awal. Hal ini sebagai tahapan antisipasi supaya anak mendapat waktu tidur yang cukup. Dengan begitu, mereka pun bakal bangun di pagi hari dengan tubuh yang bugar.

Anak umur 1-3 tahun perlu waktu tidur total sekitar 12-14 jam. Anda dapat mengatur si kecil untuk istirahat siang sekitar 2-3 jam, dan beristirahat malam selama 11 jam. Sementara itu, anak umur 4-6 tahun butuh waktu tidur sekitar 11-13 jam, dapat terbagi menjadi istirahat siang sekitar 2 jam dan 10-11 jam istirahat di malam hari.

2. Pastikan anak istirahat dalam situasi yang nyaman

Istirahat bukan hanya sehubungan dengan kuantitas, tapi pun kualitas. Tidur yang tidak cukup lelap juga dapat menjadi penyebab anak rewel ketika bangun pagi. Oleh sebab itu, Anda mesti meyakinkan si kecil dapat tidur dengan nyenyak di malam hari. Mulai dari menyiapkan bantal dan kasur yang empuk, pendingin ruangan, serta kesucian ruangan yang terjaga.

3. Berikan sugesti pekerjaan pagi hari untuk anak

Sebelum tidur, kita juga dapat memberikan sugesti supaya si kecil bangun pagi. Pemberian sugesti ini akan merangsang alam bawah sadar anak guna bangun pagi. Dengan mengerjakan hal ini secara rutin, anak pun bakal mulai membudayakan diri guna bangun pagi. Saat telah terbiasa, masalah berupa anak rewel ketika bangun pagi bakal teratasi.

4. Bangunkan anak dengan teknik yang halus

Jangan pernah memaksa anak guna bangun dengan teknik yang kasar. Hal ini justeru membuat keadaan hati anak terganggu. Alhasil, anak rewel ketika bangun pagi. Sebagai gantinya, ada pelbagai cara halus yang dapat dilakukan. Salah satunya ialah dengan menghilangkan hal yang menciptakan anak istirahat dengan nyaman.

Misalnya, Anda dapat saja mengobarkan lampu kamar. Di samping itu, dapat pula memilih guna mematikan kipas angin atau AC di dalam ruangan. Kalau mau, Anda pun dapat membuka jendela. Dengan situasi seperti itu, inginkan tidak inginkan anak pun bakal beranjak dari lokasi tidur dengan tanpa paksaan.

5. Jelaskan konsekuensi yang akan mereka terima

Anda juga dapat mengajarkan konsekuensi dari masing-masing sikap yang dilaksanakan kepada si kecil. Dalam urusan ini, saat mereka terlambat bangun, Anda mesti dapat menjelaskan sejumlah konsekuensi yang mesti mereka hadapi.

Sumber : http://www.rosoftdownload.com/get/download/windows/avira-antivir-personal-free-antivirus/?url=//www.pelajaran.co.id