Mengapa saat puasa kita sering haus ?

Sebagian orang lebih sulit menahan dahaga daripada lapar saat puasa. Haus bisa menjadi pengganggu nomor satu dalam puasa karena bisa membuat tubuh lemah dan sakit kepala. Pada kenyataannya, adakah cara sederhana untuk mencegah dan mengatasi kehausan puasa?

Apa yang Anda makan saat fajar, memengaruhi rasa haus Anda di siang hari
Puasa di musim panas membuat Anda benar-benar merasakan mulut dan tenggorokan. Terlebih lagi di siang hari, Anda pasti akan merasa haus. Ini wajar karena selama puasa Anda akan dilarang minum atau makan, sehingga Anda akan kehilangan cairan atau dehidrasi.

Mengapa saat puasa kita sering haus ?

Ada beberapa faktor yang terkadang menyebabkan rasa haus yang tak tertahankan. Selain aktivitas yang mengalirkan cairan tubuh dan kondisi iklim yang hangat dengan kelembaban tinggi, faktor-faktor yang dikonsumsi saat makan sahur juga mempengaruhi rasa haus saat berpuasa.

Masalah ini sebenarnya dapat diatasi dengan makan makanan dan minuman yang tepat ketika mereka cepat rusak atau saat fajar. Sangat mungkin bahwa jika Anda berbuka puasa Anda cenderung makan makanan dan minuman yang tidak benar, sehingga Anda merasa mudah haus dan lapar.

Sekali lagi, memperhatikan diet Anda selama bulan puasa sangat penting untuk kondisi tubuh Anda. Merupakan ide bagus untuk membiasakan diri mengonsumsi makanan dan minuman yang dapat membantu Anda mengatasi rasa haus Anda selama puasa Ramadhan.

Bagaimana kita bisa mengatasi rasa haus akan puasa?
Mempertahankan suhu tubuh yang normal dapat membantu Anda tidak haus, terutama jika Anda memiliki banyak kegiatan di luar ruangan. Jika tubuh menjadi terlalu panas, salah satu cara paling efektif untuk mengurangi suhu tubuh adalah dengan mandi atau berendam dalam air dingin.

Pastikan suhu air dingin, bukan dingin. Suhu air ini harus di bawah suhu tubuh. Jika terlalu dingin, ketika Anda selesai mandi atau mandi, tubuh Anda bereaksi dengan melepaskan panas untuk menghangatkan Anda.

Bagi Anda yang pergi ke kantor menggunakan sepeda motor dan terlalu lama di jalan karena kemacetan. Anda akan merasa lelah dan haus ketika Anda tiba di kantor.

Jika Anda telah tiba di kantor, Anda dapat mencoba meletakkan es batu di handuk tipis dan meletakkannya di leher dan pergelangan tangan Anda selama dua menit, yang merupakan dua titik impuls yang dapat Anda pegang setiap saat sepanjang hari.

Ini dapat mendinginkan tubuh karena denyut nadi adalah area di mana pembuluh darah dekat dengan permukaan kulit sehingga Anda dapat memindahkan hawa dingin ke tubuh.

Anda juga bisa meletakkan handuk dingin ini di sekitar pangkal kepala dan leher dalam air dingin selama 5-10 menit. Di daerah ini ada banyak pembuluh darah yang dekat dengan permukaan kulit dan dapat membantu Anda mendinginkan tubuh dengan cepat.

Bagaimana mencegah rasa haus saat puasa

Agar puasa Anda tidak terganggu dan tetap lancar sampai takbir bergaung, Anda dapat mencoba beberapa saran untuk mengatasi rasa haus saat berpuasa. Apa sarannya? Ini ulasannya.

1. Minumlah banyak air saat fajar
Cobalah untuk memperbanyak air minum dari saat puasa hingga akhir bulan. Ini bisa membuat Anda terhidrasi saat puasa. Anda bisa meletakkan air minum dalam wadah botol ketika Anda akan tidur, yang bisa Anda minum saat Anda bangun di tengah malam.

Cobalah minum satu atau dua gelas air setiap jam. Kebiasaan ini akan membantu Anda untuk tidak haus saat puasa.

2. Mengkonsumsi banyak buah
Cara sederhana untuk mencegah rasa haus saat berpuasa adalah dengan mengonsumsi banyak buah. Anda dapat mengambil asupan cairan hanya dengan minum air, tetapi Anda juga bisa mendapatkannya dalam buah.

Semangka, stroberi, anggur, dan melon mengandung sekitar 90-92% air. Persik, rasberi, nanas, aprikot, dan blueberry mengandung sekitar 85-89% air. Buah-buahan ini dapat dimakan segar, beku atau diperas dan dimakan saat fajar. Anda juga bisa mencampur beberapa buah untuk membuat salad buah.

3. Siapkan yogurt
Tahukah Anda bahwa yogurt mengandung sekitar 85% air? Anda tidak hanya dapat memberikan asupan cairan tubuh, kandungan yogurt yang memiliki banyak nutrisi, kalsium dan protein, sangat baik bagi Anda yang sedang berpuasa. Anda bisa menambahkan buah ke yogurt untuk mendapatkan lebih banyak asupan cairan saat fajar.

Baca juga: