Mengajari Anak Berpakaian Sendiri

Mengajari Anak Berpakaian Sendiri

Berikut teknik untuk mengajari anak guna berpakaian sendiri dengan cepat:

1. Perkenalkan unsur baju

Dibandingkan baju atasan, Anda dapat memperkenalkan anak pada celana lebih dulu. Gunakan celana dengan pinggang karet sebagai proses belajar. Ajari ia untuk mencungkil dan memakainya kembali seraya melatihnya memakai toilet sendiri. Saat mengenakan dan mencungkil celana, tawarkan sedikit pertolongan untuk mengawal keseimbangannya.

Selanjutnya, Anda dapat mulai mengenalkannya pada kaus—usahakan di dekat usia 3 tahun. Gunakan cermin untuk menuntun anak Anda. Kaus yang longgar adalahsarana pelajaran yang bagus untuk menggunakan baju. Jika telah bisa, Anda dapat melanjutkannya dengan mengajari pemakaian kancing.

Salah satu unsur baju yang urgen untuk diajarkan ialah ritsetling. Anda dapat menggunakan khayalan anak untuk menduga ristleting itu sebagai mobil yang mesti dikendarai sampai ke atas. Biarkan si kecil membuka ritsetling sendiri dan jelaskan teknik kerjanya secara sederhana.

2. Tunjukkan lemari baju dan tanyakan apa yang hendak dia pakai

Langkah selanjutnya dalam mengajari anak berpakaian sendiri ialah dengan menanyakan kepadanya apa yang hendak dipakainya hari ini. Biarkan dia memilih bajunya sendiri dan abaikan kesesuaian bajunya, tidak boleh ikut campur sebab hal ini merupakan teknik untuk membangun keyakinan dirinya.

3. Gunakan permainan

Jika baju kesayangannya sedang dicuci, tanyakan pilihan lain yang hendak dipakainya. Anda dapat membantunya dengan menciptakan permainan memadu padankan baju yang hendak dipakainya. Ambil satu unsur baju, laksana celana, kaos atau kaos kaki, dan lantas suruh si kecil guna memilih baju dengan warna yang cocok dengan yang kita pilih.

Sementara dia memilih, ajari tentang teknik memadu-padankan warna baju dan biarkan dia yang memutuskan. Dengan begitu, dia bakal lebih hendak sekali memilih baju dan mengenakannya sendiri.

Cara lainnya ialah dengan memakai permainan bersaing memakai baju dengan mama/papa. Dengan begitu, dia akan berjuang secepat barangkali mengenakan pakaiannya.

4. Ajak anak melakukan pembelian barang pakaian

Dengan menyuruh anak melakukan pembelian barang pakaian, Anda dapat mengetahui baju mana saja yang disukainya. Belikan cocok dengan budget yang kita miliki dan sesuaikan dengan yang diinginkannya.

Ajak anak bertukar pikiran tentang baju yang hendak dipakainya. Dengan begitu, anak bakal akan merasa senang dan orang tua lebih gampang mengajaknya memakai baju pilihannya tersebut. Jangan tak sempat untuk melakukan pembelian baju dengan ukuran lebih besar, sebab anak usia 2-3 tahun cepat tumbuhnya.

5. Berikan masa-masa bermain atau bareng setelah berpakaian

Jika anak sulit diajari, maka jajaki berikan masa-masa bermain atau waktu bareng keluarga sesudah berganti pakaian. Jelaskan, bahwa sesudah berganti pakaian, si kecil dapat bermain bareng atau membaca kitab cerita bersama. Dengan begitu, si kecil bakal menanti-nanti ketika berpakaian dan berganti pakaian dengan cepat. kita juga dapat mengajarkan edukasi karakter melalui teknik berpakaian ini.

Jangan jenuh mengajari anak berpakaian sendiri masing-masing hari dan tetaplah menawarkan pertolongan bila mereka merasakan kesulitan. Berikan misal dalam berpakaian yang baik dan temani sampai mereka mulai mahir, dengan demikian anak dapat menjadi lebih mandiri. Selamat mencoba.

Sumber : http://www.rockstar98.com/out/www.pelajaran.co.id