Manfaat Tahu Susu yang Belum Anda Ketahui

Manfaat Tahu Susu yang Belum Anda Ketahui

Manfaat Tahu Susu yang Belum Anda KetahuiManfaat Tahu Susu yang Belum Anda Ketahui

Tahu susu, mungkin diantara anda ada yang belum kenal dengan jenis tahu ini. Tahu susu sesuai namanya dibuat dari bahan susu. Tidak jauh berbeda dari tahu biasanya yang terbuat dari kedelai saja, tahu susu berbahan sari kedelai dicampur susu sapi yang telah difermentasi atau istilah lainnya susu layu. Untuk proses pembuatannya sama seperti tahu pada umumnya.

Tahu susu diperoleh dari proses penggumpalan protein yang diperoleh dari susu seperti tahu kedelai yang diperoleh dari penggumpalan protein kedelai. Bahan penggumpal tahu kedelai dapat digunakan pada proses penggumpalan tahu susu. Bahan penggumpal tahu yang digunakan bersifat asam, bila ingin murah seperti yang kita tahu asam yang biasa digunakan didapur adalah cuka dapur.
tahu susu

Tahu susu selain enak rasanya, juga memiliki beragam manfaat seperti berikut:

Tahu susu dikonsumsi untuk mencegah penyakit jantung, dengan mengkonsumsi tahu susu secara rutin maka protein kedelai yang terkandung dalam tahu dapat membantu menurunkan LDL (kolesterol buruk) tanpa menurunkan HDL (kolesterol baik) sehingga risiko terjadinya penyakit jantung dapat diminimalisir.
Tahu susu dapat mengurangi gejala hot flashes yang terjadi pada wanita yang sedang mengalami menopause. Pada proses menopause, keseimbangan hormon esterogen dalam tubuh wanita terganggu, sedangkan tahu susu yang mengandung zat fitoestrogen mampu membantu menjaga keseimbangan hormon wanita.
Tahu susu yang kaya dengan zat besi, mampu meningkatkan produksi energi. Dalam proses metabolisme tubuh zat besi akan membantu haemoglobin dalam darah untuk membawa dan melepaskan oksigen keseluruh sel tubuh sehingga membentuk produksi energi.
Tahu susu dapat dikonsumsi untuk mencegah keropos tulang. Makanan yang mengandung kedelai umumnya kaya akan kalsium. Termasuk tahu susu ini dapat menjaga kepadatan tulang dengan mensuplai kalsium untuk membantu melindungi berbagai penyakit tulang.
Tahu susu mengandung banyak protein, sedangkan protein akan diproses setelah glukosa dan lemak. Dengan tingginya kandungan protein dalam tahu susu akan membuat orang yang mengkonsumsinya lebih tahan terhadap lapar. Oleh karena itu tahu susu sering dipilih untuk bahan makanan orang yang ingin menurunkan berat badan.

Tahu susu banyak diolah menjadi beragam jenis makanan seperti sup tahu susu, tahu susu crispy, tahu susu isi, bakso tahu dan masih banyak lainnya. Bahkan digoreng biasa seperti tahu kedelai biasapun juga enak. Tahu susu menurut penggemarnya rasanya lebih gurih dibandingkan tahu kedelai biasa. Oleh karena itu tahu susu banyak disajikan untuk lauk sehari-hari.

Sumber: https://duniabudidaya.co.id/