Manajemen Logistik dan Pengelolaan Bahan

Manajemen Logistik dan Pengelolaan Bahan

Tiga dukungan TI adalah : manajemen logistik dan pengelolaan bahan, perencanaan produksi/operasi, dan manufaktur komputer terpadu (CIM).) kegiatan. Kegiatan ini dapat didukung oleh sistem informasi.

Manajemen logistik/Persediaan. Manajemen persediaan menentukan berapa banyak persediaan yang dapat dijaga, kelebihan persediaan dan biaya yang terlalu mahal. Beberapa  jenis biaya memainkan peran penting dalam keputusan persediaan: biaya pemeliharaan persediaan, biaya pemesanan (biaya tetap per order), dan biaya tidak memiliki persediaan bila diperlukan (yang kekurangan atau kesempatan biaya). Tujuannya adalah untuk meminimalkan total biaya.

Banyak perusahaan besar (seperti Wal-Mart) memungkinkan pemasok untuk memantau tingkat persediaan dan bila diperlukan, menghilangkan kebutuhan untuk mengirimkan pesanan pembelian (strategi VMI). Pemantauan ini dapat dilakukan dengan menggunakan agen perangkat lunak ponsel melalui Internet. Hal ini juga dapat dilakukan dengan menggunakan Web Services, seperti Dell Computer lakukan.

Quality Control. Sistem Quality Control manufaktur adalah sistem yang berdiri sendiri atau dapat menjadi bagian dari manajemen mutu enterprise wide total (TQM) usaha. Mereka memberikan informasi tentang kualitas bahan yang masuk dan suku cadang, serta kualitas dalam proses produk setengah jadi dan selesai.

Mengontrol kualitas data yang dapat dikumpulkan oleh sensor berbasis web dan diinterpretasikan secara real time, atau mereka dapat disimpan dalam database untuk analisis masa depan. Juga, RFIDs dapat digunakan untuk mengumpulkan data laporan periodik yang dihasilkan dan manajemen dapat membandingkan kinerja antar departemen.

Perencanaan Produksi/Operasi

Perencanaan POM di banyak perusahaan didukung oleh IT. Sebagian besar bidang perencanaan dan dukungan komputerisasi.

Sistem Just-in-Time. Dalam kustomisasi massal dan membangun-untuk order- produksi, konsep just-in-time sering digunakan. Just-in-time (JIT) adalah strategi persediaan yang mencoba untuk meminimalkan persediaan dan terus memperbaiki proses dan sistem. Sistem JIT Banyak yang didukung oleh perangkat lunak dari vendor seperti HP. IBM. CA.

Manajemen Proyek. Sebuah proyek biasanya merupakan suatu usaha yang  terdiri dari banyak kegiatan saling terkait, biayanya besar, dan berlangsung selama beberapa minggu atau tahun. Manajemen proyek yang rumit dengan karakteristik sebagai berikut:

  • Sebagian besar proyek usaha dan memiliki percobaan di suatu daerah
  • Ketidakpastian  biaya dan waktu penyelesaian umumnya panjang
  • Partisipasi yang signifikan dari luar yang sulit untuk mengontrol.
  • Diperlukan interaksi antara peserta.
  • Kegiatan yang saling berhubungan membuat perubahan dalam perencanaan dan penjadwalan menjadi sulit.
  • Proyek seringkali melibatkan resiko yang tinggi keterlambatan, kegagalan, dan perubahan mahal, tetapi juga tinggi potensi keuntungan.

Intelligent Pabrik untuk Kustomisasi Mass. Memproduksi barang disesuaikan dengan harga yang kompetitif dilakukan pada tahap pengembangan produk ketika produsen berencana dan mensimulasikan langkah-langkah produksi. Kemudian, proses manufaktur individu dapat dioptimalkan dan dikoordinasikan dengan satu sama lain dalam sebuah pabrik simulasi. Semua proses dengan cepat diperbaiki. Semua ini dapat dilakukan dengan biaya yang wajar. Demikian pula, seluruh pabrik direncanakan dan dirancang jauh sebelum dibangun.