KOMPUTER GENERASI PERTAMA

KOMPUTER GENERASI PERTAMA

KOMPUTER GENERASI PERTAMA

KOMPUTER GENERASI PERTAMA

Komputer pertama temuan Charles Babbage

masih berupa temuan ilmiah dan masih belum bisa diaplikasikan untuk membantu pekerjaan manusia. Komputer ini terus dikembangkan hingga kemudian pada tahun 1946 ditemukan komputer generasi pertama yang menggunakan komponen dasar terbuat dari tabung vakum.

Namun penggunaan tabung vakum sebagai komponen dasar komputer masih tidak efisien pada beberapa aspek. Tabung vakum dalam pengoperasiannya sebagai komponen dasar komputer memerlukan daya listrik yang sangat besar jika dibandingkan komputer lainnya. Tabung vakum juga sangat mudah panas untuk dijadikan komponen dasar komputer.

Komputer generasi pertama ini dikenal dengan sebutan ENIAC yang merupakan singkatan dari Electronic Numerical Intergrator And Computer yang secara bahasa memiliki arti “Alat elektronik penghitung dan integrasi numerik”.

Komputer generasi pertama ini dibuat oleh seorang penemu bernama John Mauchy dan J. Presper Eckert  di University of Pennsylvania. Kedua penemu ini merakit ENIAC dengan menggunakan tabung vakum berjumlah 18.000 dengan total ukuran semua tabung vakum sebesar 1800 kaki dengan berat keseluruhan tabung vakum sekitar 30000 kilogram.

Bukan hanya serumit itu, komputer generasi pertama ini juga membuthkan ruang seluas 500m3dengan 75.000 relay dan saklar, reseitor berjumlah 70.000 dan kapasitor yang dibutuhkan berjumlah 10.000. Dengan komponen sebanyak ini komputer ENIAC membutuhkan daya listrik sebesar 140 kilo watt.

Komputer generasi pertama ini digunakan pertama kali untuk menjalankan perangkat lunak untuk melakukan desain pesawat dan peluru kendali. Perangkat lunak pertama ini pertama kali dikembangkan oleh seorang ilmuwan bernama Konrad Zuse yang memiliki kewarganegaraan Jerman.

Seorang ilmuwan yang juga dari University of Pennsylvania bernama John Von Neuman pada tahun 1940-an bersama timnya berhasil membangun konsep baru desain komputer bernama EDVAC (Electronic Discrete Variable utomatic Computer).

Konsep desain komputer baru ini dipakai hingga 40 tahun kemudian. Pada konsep desain EDVAC ini menggunakan perangkat memori untuk menampung program maupun menyimpan data. Dengan menggunakan konsep menggunakan konsep perakitan memori seperti ini memungkinkan pengguna komputer berhenti dan menyimpan pekerjaannya dan melanjutkannya kembali.

Yang berperan utama dalam konsep rakitan Von Neumann adalah prosessor atau yang dikanal sebagai CPU (Central Processing Unit). Dengan adanya CPU, seluruh fungsi komputer dikorrdinasikan oleh satu perangkat tunggal. CPU ini adalah ciri-ciri dari komputer generasi pertama.

Ciri khusus dari komputer generasi pertama adalah perintah dalam pengoperasiannya dibuat khusus untuk satu fungsi tertentu. Setiap tugas yang berbeda memiliki perintahnya sendiri-sendiri yang disebut dengan bahasa mesin (Machine language). Hal ini menyebabkan pemrogaman komputer sangat rumit dan kecepatan prosesnya pun terbatas.


Sumber: https://www.r9racinggeneration.co.id/transport-tycoon-apk/