KOMPUTER GENERASI KEDUA

KOMPUTER GENERASI KEDUA

KOMPUTER GENERASI KEDUA

KOMPUTER GENERASI KEDUA

Pada komputer generasi kedua terdapat

perubahan konsep desain komputer yang sangat berpengaruh. Pada komputer generasi ini terdapat alat transistor, yaitu alat canggih yang mampu memaksimalkan kinerja komputer namun dengan ukuran yang cukup kecil.

Komputer generasi kedua ini berkembang pesat pada 1959-1960an karena adanya alat transistor ini. Beberapa lembaga pemerintahan, instansi swasta dan juga universitas banyak yang telah memanfaatkan komputer generasi ini.

Komputer komersil pertama yang menggunakan konsep transistor ini adalah super komputer dari perusahaan IBM. Super komputer generasi kedua ini diberi nama Stretch, Sprey-Rand dan LARC. Komputer yang digunakan di laboratorium energi atom terbukti dapat mengatasi berbagai perhitungan dan pemrosesan data dan sangat membantu peneliti atom.

Namun pada saat itu harga komputer sangat mahal dikarenakan pembuatan dan pengoperasiannya yang cukup rumit sehingga untuk kebutuhan bisnis belum banyak digunakan. Komputer merek IBM yang dinamai LARC hanya diproduksi dua buah, slah satunya digunakan di Lawrence Radiation Labs diLivermore,California dan salah satunya lain digunakan di US Navy Research and Development Center di Washington D.C.

Bahasa mesin yang menggunakan bahasa biner pada komputer generasi pertama telah digantikan dengan bahasa assembly yang menggunakan singkatan pada komputer generasi kedua. Baru pada tahun 1960an banyak bidang bisnis, instansi pemerintahan dan perguruan tinggi yang menggunakan komputer generasi ini karena munculnya komputer yang sudah menggunakan transistor sepenuhnya.

Komputer versi ini juga sudah bisa digebungkan dengan berbagai perangkat seperi floppy disk (disket), memori dan printer. Selain itu komputer versi ini juga sudah bisa menggunakan perangkat lunak operating system (sistem operasi) dan program aplikasi.

Salah satu tipe komputer generasi ini adalah IBM 1401 yang banyak digunakan pada industri swasta. Sekitar tahun 1965, nyaris seluruh instansi yang memproses data keuangan bisnis menggunakan komputer. Penggunaan komputer secara luas ini juga didukung oleh fleksibilitas yang tinggi dalam pengoperasiannya jika dibandingkan komputer generasi pertama.

Berbeda dengan komputer generasi pertama, komputer generasi ini sudah memiliki sistem penyimpanan data tersendiri. Kapasitas memori utama menggunakan Magnetic Core Storage dan menggunakan bentuk storage(penyimpanan) eksternal berupa Magnetic Tape dan Magnetic Disk.

Pada tahun 2001, perusahaan Intel sudah memperkenalkan Si dalam bentuk sangat kecil dan tercepat di dunia yang berukuran 20 nanometer namun dapat digunakan pada CPU yang memiliki kecepatan hingga 20 GHz

Pada generasi komputer ini juga ditandai munculnya minikomputer, yaitu komputer terbesar kedua dalam keluarga komputer.  Minikomputer pertama yang dibuat diberi nama DEC PDP-8 yang digunakan untuk mengolah data komersil dan diluncurkan pertama kali pada tahun 1964.

Meskipun begitu, komputer pada generasi ini memiliki beberapa kekurangan juga seperti penggunaan transistor yang banyak menyebabkan suhu panas pada mesin yang lebih tinggi sehingga memiliki kemungkinan untuk merusak bagian-bagian komputer lainnya.


Baca Juga :