Kerugian Menggunakan PjBL & PBL

Kerugian Menggunakan PjBL & PBL

Kerugian Menggunakan PjBL & PBL

Kerugian Menggunakan PjBL & PBL
Kerugian Menggunakan PjBL & PBL

PjBL & PBL adalah alat yang sangat baik untuk membantu siswa dalam memperluas dan memperbaiki pembelajaran dalam konsep mereka. Namun, seperti belajar penemuan, siswa harus memiliki pengetahuan kerja istilah, fakta, dan statistik, serta arah, sebelum mereka dapat mengatasi masalah tersebut. Pengetahuan kerja tersebut dapat diberikan melalui ceramah, atau instruksi langsung. PjBL & PBL paling baik digunakan ketika guru sedang mencari jalan untuk membantu siswa memahami makna dari konsep yang lebih besar melalui inisiatif sendiri dan bekerja. Oleh karena itu, PjBL & PBL digunakan pada titik dalam pelajaran ketika siswa diharapkan memahami arti penting dari konsep yang diajarkan.

Peneliti pendidikan terkemuka telah meninjau apa yang mereka gambarkan sebagai studi penelitian dengan menggunakan metodologi kualitas dan menyimpulkan bahwa dalam PjBL & PBL kurang efektif dibandingkan dengan instruksi langsung. Ada dua hal sebagai pendukung masalah ini: 1 ) hasil penelitian , 2) pengamatan bahwa penelitian yang mendukung PjBL & PBL seringkali bias secara metodologis.[33]

Meskipun tidak ada kelemahan menggunakan PjBL & PBL yang mudah terlihat, seorang guru harus berhati-hati sebelum menggunakan PjBL & PBL dalam pembelajaran. Beberapa faktor yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut[34]:

  1. Apabahan dan sumber daya yang akan diperlukanuntuk melaksanakanpembelajaran, danapakah gurumemiliki kemampuan untukmembuat siwa menjadisiaptepat waktu?. Perencanaanjangka panjang dapatmencegah masalah ini. Lihatlahproyeksecara menyeluruhdanmembuat daftarbahan dansumber daya yang dibutuhkan.
  2. Seberapa baik PjBL & PBLberlaku untuktopiktertentu, dan apakah hal itusejajar denganstandar dalam kurikulum ?. Ketika merancangrencana pelajaranmingguan atau bulanan, selaraskan dengan kurikulum standar; jangan menungguharipelajaran.
  3. Sepertidalam metodepembelajaran kooperatif, anggota timsering tidak bekerjasama dengan baikdan biasanyaberada dalamkonflikbeban kerja. Cobalahuntuk menulistimdananggota yangbervariasi sesuai dengan kemampuandan gender;selalu ingatbahwa keragamanadalahtujuan.
  4. Beberapa siswaakan mengalami kesulitanmemahami materiatau mengorganisirdiri mereka agar cukup baikuntuk memulaiproyek ataupemecahan masalah. Maka guru dituntut untuk Bekerja sama denganguruyang lain dan tenaga kependidikan; Pastikan untuk berkoordinasidenganguru BK mengenai siswa yangsedang berjuang. Semakin lengkap informasiguru, semakinlebih siap untuk membantu siswanya.

Sumber : https://downloadapk.co.id/