Kemendikbud Fasilitasi Ajang Pameran Program Beasiswa Terbesar di Indonesia WISH Forum 2018

Kemendikbud Fasilitasi Ajang Pameran Program Beasiswa Terbesar di Indonesia WISH Forum 2018

Kemendikbud Fasilitasi Ajang Pameran Program Beasiswa Terbesar di Indonesia WISH Forum 2018

Kemendikbud Fasilitasi Ajang Pameran Program Beasiswa Terbesar di Indonesia WISH Forum 2018
Kemendikbud Fasilitasi Ajang Pameran Program Beasiswa Terbesar di Indonesia WISH Forum 2018

Ajang pameran program beasiswa terbesar di Indonesia World Indonesia Scholarship (WISH) Forum 2018 di gelar di Kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Jakarta, Sabtu, (11/8). WISH Forum 2018 merupakan program beasiswa bagi masyarakat Indonesia untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Kegiatan yang memfasilitasi 73 lembaga beasiswa dari dalam maupun luar negeri ini, sekaligus memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Selain dari Kemendikbud, acara ini didukung oleh Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD-RI)

, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), Kementerian Agama (Kemenag), dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Kegiatan ini juga merupakan hasil kerja sama dan kolaborasi dari berbagai organisasi dan komunitas yang peduli terhadap peningkatan kualitas SDM Indonesia melalui berbagai program beasiswa. Lembaga-lembaga tersebut yaitu: Asosiasi Dosen Indonesia (ADI), lndorelawan, Komunitas Beasiswa Indonesia (Indonesian Scholarship Community), Sahabat Beasiswa, Perhimpunan Pelajar Indonesia se-Dunia (PPI Dunia). Mata Garuda LPDP, Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI), Aliansi Jurnalis lndependen (AJI) Jakarta, PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Pusat, PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia), Ikatan Alumni Program Habibie (IABIE), Indonesian Diaspora Network (IDN) Global, IYOIN, Britzone, Indonesia Mengglobal, dan BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) seluruh Indonesia.

Kepala Biro Perencanaan dan Kerja Sama Luar Negeri (PKLN)

Suharti mengatakan bahwa Kemendikbud memberikan fasilitas beasiswa untuk masyarakat berprestasi. “Kalau di Kemendikbud ada Beasiswa Unggulan untuk masyarakat yang berprestasi. Di dalamnya ada gelar dan non-gelar, untuk pegiat budaya, guru, dan untuk seniman-seniman lainnya. Ada juga yang non degree untuk di luar negeri untuk mengikuti konferensi dan sebagainya,” tutur Suharti.

Ketua Komite World Indonesia Scholarship (WISH) Forum 2018, Dwi Handayani mengatakan kegiatan ini merupakan hasil kerja sama dan kolaborasi dari berbagai organisasi dan komunitas yang peduli terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia melalui berbagai program beasiswa. “Karena ini kerja bareng, ini bukan pameran beasiswa saja, jadi ini ada kolaborasi dari banyak Non Governmental Organization (NGO) melibatkan 200 relawan yang peduli pendidikan untuk membuat acara bersama dan yang memfasilitasi ini adalah Pak Menteri (Mendikbud)”, kata Dwi.

Acara ini dihadiri hampir 10.000 peserta yang terdiri dari pelajar dan orang tuanya,

mahasiswa, siswa difabel, guru, dosen, karyawan, jurnalis dan para scholarship hunter yang mengikuti seluruh rangkaian acara secara gratis. Dalam acara ini peserta juga dapat mengikuti lokakarya (workshop) dan berkonsultasi dengan lembaga pemberi beasiswa (dalam dan luar negeri) di Indonesia.

Salah satu siswa yang hadir di acara ini, Muhammad Iqbal Putra Firmansyah, mengatakan acara pameran program beasiswa yang di gelar di Kantor Kemendikbud ini sangat membantu masyarakat untuk mendapatkan informasi seputar program beasiswa yang ada di dalam maupun luar negeri. “Menurut saya, sih, membantu banget buat mencari beasiswa apalagi buat beasiswa ke luar negeri. Pengen, sih, ke US (United States) karena ada keluarga juga di sana. Tetapi masih belum mendapatkan tujuan yang pasti (beasiswa dimana),” kata siswa yang berasal dari SMK Waskito Tangerang Selatan. (Anandes/Michele Fredika/ Miranti Sarasinta).

 

Sumber :

https://riviste.unimi.it/index.php/test03/comment/view/10097/73956/101124