FUNGSI DEMOKRASI PANCASILA

FUNGSI DEMOKRASI PANCASILA

FUNGSI DEMOKRASI PANCASILA

FUNGSI DEMOKRASI PANCASILA

Demokrasi Pancasila memiliki beberapa fungsi di dalamnya. Fungsi dari demokrasi Pancasila ini tidak lain adalah untuk kesejahteraan rakyat dan juga kemajuan Negara. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari demokrasi Pancasila yang wajib diketahui.

1. ADANYA JAMINAN KEIKUTSERTAAN RAKYAT DALAM PEMERINTAH

Fungsi pertama dari demokrasi Pancasila adalah rakyat bisa ikut andil dalam pengambilan keputusan Negara. Sehingga, demokrasi ini benar-benar dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Keputusan apapun akan mengikutsertakan rakyat beserta aspirasi rakyat. Oleh karena itu, posisi rakyat sangat penting di dalam demokrasi ini.

2. MENDORONG BERDIRINYA NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA

Negara Kesatua Republik Indonesia akan berdiri dengan baik dan gagah jika sistem demokasi Pancasila dijalankan dengan baik. Sehingga, NKRI akan tetap maju sebagai Negara yang mandiri dan berdaulat. Selain mendorong untuk tetap berdiri, adanya demokrasi ini juga akan mendorong Indonesia untuk menjadi pemerintahan yang maju.

3. MENJAMIN NKRI AKAN TETAP TEGAK BERDASAR KEPADA KONSTITUSI

Fungsi selanjutnya dari demokrasi Pancasila adalah adanya jaminan terhadap NKRI untuk menjalankan pemerintahan dengan baik. Pemerintahan akan baik dengan sistem ini apabila benar-benar ditegakkan dan bersandarkan kepada konstitusi. Konstitusi memang sangat penting untuk mengatur semua komponen di dalam Negara ini.

4. ADANYA JAMINAN TEGAKNYA HUKUM YANG BERSUMBER DARI PANCASILA

Dengan adanya Demokrasi pancasila, hukum akan mampu berdiri tegak dan adil. Adapun sumber yang digunakan untuk menegakkan hukum adalah Pancasila itu sendiri. Maka tidak salah jika demokrasi ini dikenal dengan nama demokrasi Pancasila. Pancasila menjadi ruh penting bagi berjalannya hukum di Negara ini.

5. UNTUK MEWUJUDKAN ADANYA KESETARAAN DAN KESEIMBANGAN ANTAR KOMPONEN NEGARA

Demokrasi Pancasila mengharapkan Negara yang adil dan setara. Persamaan bagi setiap orang di depan hukum serta tidak membeda-bedakan antar suku bangsa adalah salah satu wujud realisasi dari fungsi ini. Dengan begitu, Negara ini akan berjalan secara lebih seimbang antara satu komponen dengan yang lain. Dan akhirnya akan terbentuk suatu kerja sama yang baik.


Sumber: https://www.tawakaltourtravel.co.id/driving-quest-apk/