Delta Nil

PETA DAN ISLAMISASI MODERN MESIR

KEADAAN GEOGRAFIS MESIR

Negara dengan ibukota Kairo ini dibagi menjadi lima kawasan utama, yaitu Lembah Nil, Delta Nil, Gurun Barat, Gurun Timur dan Semenanjung Sinai. Letak astronomi Mesir yaitu pada 22oLU – 31oLU dan 25oBT – 36oBT. Secara geografis Mesir terletak di tepi Laut Merah dan Laut Mediterania. Luas wilayah sebesar 997.739 km2 dengan batas-batas wilayahnya sebagai berikut:
a) Sebelah utara berbatasan dengan Laut Tengah.
b) Sebelah selatan berbatasan dengan Sudan.
c) Sebelah timur berbatasan dengan Laut Merah.
d) Sebelah barat berbatasan dengan Libya.
C. BENTUK PEMERINTAHAN MESIR
Mesir atau Republik Arab Mesir adalah negara sosial demokrasi berbentuk Republik. Kepala Negara Mesir adalah Presiden. Kepala Pemerintahannya Perdana Mentri. Presiden mengangkat wakil presiden, perdana mentri beserta mentri-mentrinya. Kekuasaan tertinggi berada di tangan Presiden. Presiden Mesir saat ini adalah Abd Fattah as-Sisi. Masa jabatan presiden di Mesir ditentukan selama enam tahun dan dapat dipilih kembali untuk masa jabatan berikutnya.
Mesir menjadi negara Republik sejak 1953. Pada masa sebelumnya, Mesir merupakan negara kerajaan yang diperintah oleh Raja Farouk. Mesir, Suriah, dan Irak pada tahun 1958 bergabung dengan nama Republik Persatuan Arab (RPA). Persekutuan negara-negara tersebut akhirnya bubar dan masing-masing berdiri sendiri. Pada tahun 1972, Mesir mengganti nama menjadi Republik Arab Mesir.


Sumber: https://bengkelharga.com/