Definisi Sehat-Normal dan ciri-ciri Sehat-Normal

  Definisi Sehat-Normal dan ciri-ciri Sehat-Normal

  1. Definisi Sehat-Normal
  2. Sehat adalah suatu keadaan berupa kesejahteraan fisik, mental, dan sosial secara penuh dan bukan semata-mata berupa absennya penyakit atau keadaan lemah tertentu.
  3.  Kesehatan mental adalah penyesuaian manusia terhadap dunia & satu sama lain dengan keefektifan dan kebahagiaan yang maksimum. Kesehatan mental meliputi kemampuan menahan diri, menunjukkan kecerdasan, berempati, dan sikap hidup yang bahagia. (Seorang psikiater : Karl Menninger).
  4. Kesehatan mental adalah keadaan yang relatif tetap dimana pribadi menunjukkan penyesuaian atau mengalami aktualisasi diri.  (Psikolog : H.B English).
  5. Kesehatan mental meliputi semua keadaan dan taraf keterlibatan sosial yang diterima oleh orang lain dan memberikan kepuasan bagi orang yang bersangkutan.

Bebeberapa rumusan di atas, menekankan normalitas sebagai keadaan sehat, yang secara umum ditandai dengan keefektifan dalam penyesuaian diri, yakni menjalankan tuntunan hidup sehari-hari sehingga menimbulkan perasaan puas dan bahagia.

  1.  Beberapa ciri orang yang Sehat-Normal yakni

  2. Menurut Maslow dan Mittelmann

Maslow dan Mittelmann  menyatakan bahwa pribadi yang normal dengan jiwa yang sehat ditandai dengan ciri-ciri sebagai berikut.

  1.   Memiliki rasa aman yang tepat
  2.  Memiliki penilaian diri dan wawasan yang rasional.
  3.   Memiliki spontanitas dan emosional yang tepat.
  4.  Memiliki kontak dengan realitas secara efisien.
  5.   Memiliki dorongan-dorongan dan nafsu-nafsu yang sehat.
  6.  Memiliki pengetahuan mengenai dirinya secara objektif.
  7. Memiliki tujuan hidup yang adekuat, tujuan hidup yang realistis, yang didukung oleh potensi.
  8.  Mampu belajar dari pengalaman hidupnya.
  9.  Sanggup untuk memenuhi tuntutan-tuntutan kelompoknya.
  10.  Ada sikap emansipasi yang sehat pada kelompoknya.
  11.  Kepribadiannya terintegrasi
  12.   Kriteria Pribadi yang normal menurut W.F. Maramis.

Menurut Maramis,  terdapat enam kelompok sifat yang dapat dipakai untuk menentukan ciri-ciri pribadi yang  Sehat-Normal, adalah sebagai berikut :

  1. Sikap terhadap diri sendiri : menerima dirinya sendiri, identitas diri yang memadai, serta  penilaian yang realistis terhadap kemampuannya.
  2. Cerapan (persepsi) terhadap kenyataan : mempunyai pandangan yang realistis tentang diri   sendiri dan lingkungannya.
  3. Integrasi: kesatuan kepribadian, bebas dari konflik pribadi yang melumpuhkan dan memiliki daya tahan yang baik terhadap  stres.
  4.   Kemampuan : memiliki kemampuan dasar secara fisik, intelektual, emosional, dan sosial sehingga mampu mengatasi berbagai masalah.
  5. Otonomi : memiliki kepercayaan pada diri sendiri yang memadai, bertanggung jawab, mampu mengarahkan dirinya pada tujuan hidup.
  6. Perkembangan dan perwujudan dirinya : kecenderungan pada kematangan yang makin tinggi.

 

https://bengkelharga.com/hoopa-city-apk/