PIJAT DENGAN INJAK-INJAK PUNGGUNG, APA BETUL AMAN BUAT TUBUH?

PIJAT DENGAN INJAK-INJAK PUNGGUNG, APA BETUL AMAN BUAT TUBUH?

Pijat bersama Injak-injak punggung sekilas sebenarnya jadi bikin rileks dan lega. Tapi, percaya nih, tindakan ini sungguh-sungguh safe bikin tubuh kita?

Saat kecil, aku kerap diminta tolong oleh ayah dan ibu untuk menginjak-injak punggungnya. Dengan bobot aku yang cenderung masih ringan itu, tentu kesibukan tersebut lumayan bikin enak di badan mereka. Pasalnya, terkecuali aku diminta untuk memijat menggunakan tangan, tentu nggak dapat kerasa apa-apa. Kurang mantap rasanya. Oleh karenanya, injak-injak punggung dianggap sebagai solusinya.

Bagi ibu atau ayah saya, sehabis aku injak-injak punggung mereka. Maka, rasa pegal-pegal dan letih sehabis melakukan kesibukan keseharian lumayan berkurang. Dampaknya, mereka dapat beroleh kesehatan badan bersama harga ekonomis. Hanya bermodalkan rayuan manis, supaya anaknya mau-mau aja diminta injak-injak punggungnya.

Nah, sebetulnya, apa iya, injak-injak punggung ini lumayan safe untuk dilakukan? Dan sungguh-sungguh dapat merilekskan badan?

Ternyata nih, terkecuali perihal ini dilaksanakan bersama tepat oleh ahlinya, sebenarnya dapat mengimbuhkan pengaruh relaksasi pada tubuh kita. Tapi, terkecuali injak-injak punggung ini dilaksanakan bersama orang awal dan melakukannya asal-asalan—seperti asal minta tolong anaknya sendiri—tanpa memedulikan soal tehnik dan metodenya yang benar. Maka perihal tersebut dapat berbahaya untuk tubuh si orang yang bersangkutan. Bahkan, dapat memicu patah tulang, saraf kejepit, ataupun pergeseran tulang punggung yang siginifikan.

Hmmm, sudi jadi lebih rileks dan nyaman kok malah jadi nggak nyaman, ya. Hadeeeh~

Hal tersebut diamini oleh seorang pakar kesehatan Greg Kawchuk. Beliau adalah professor di departemen terapi fisik berasal dari University of Alberta, Kanada. Kata beliau, nih, terkecuali pijatan bersama menginjak-injak punggung, amat tidak safe dilaksanakan dan dapat berbahaya bagi tubuh kita. Lantaran, orang yang menginjak tubuh kita dapat jadi miliki berat badan yang lebih berat daripada berat badan kita sendiri. Nah, terkecuali memaksa untuk tetap diinjak, perihal tersebut dapat memicu tekanan yang lebih tinggi berasal dari kemampuan ligamen dan buku-buku pada tulang punggung kita. Tentu saja, ini dapat berisiko terjadinya cedera pada tulang punggung. Wowww….

Tetapi, sebenarnya injak-injak punggung ini adalah salah satu terapi pijat shiatsu berasal dari Jepang dan dilaksanakan udah sejak lama oleh para biksu. Kalau diamati sekilas, sebenarnya pijat shiatsu ini mirip bersama langkah kita menginjak punggung layaknya biasanya. Namun bedanya, pijat shiatsu cuma dilaksanakan oleh terapis yang udah miliki sertifikat dan dianggap legal. Plus, udah terjamin kemampuannya.

Mereka-mereka ini, udah dapat mengendalikan tekanan kakinya dan dapat mengatur bersama permohonan kliennya. Nggak asal-asalan layaknya yang biasa kita lakukan. Oleh karenanya, pijatan kaki mereka ini, tentu tidak jadi menyakitkan, dan keamanannya terjamin.

Lantas, bagaimana mereka mengendalikan gerakan kaki-kakinya tersebut? Jadi, langkah injak-injak punggung yang dilaksanakan oleh terapis shiatsu, yakni bersama terjadi perlahan ke atas dan ke bawah punggung. Namun, perihal itu dilaksanakan bersama meletakkan kedua kaki hati-hati pada kedua segi tulang belakang. Bukan tepat di atas tulangnya, ya. Kemudian, kaki tersebut mendorong dan menarik otot supaya dapat membebaskan ketegangan, supaya otot dapat lebih rileks. Jadi, sekali lagi, nggak asal injek-injek aja, ya, Maemunah?

Untuk memudahkan pergerakan tersebut, punggung dapat diolesi minyak terlebih dahulu. Nggak cuma itu, selama pemijatan berlangsung, terapis dapat memegang sebuah gagang besi yang berada di atas kepalanya supaya dia dapat terjadi bersama stabil. Hmmm, kurang luar biasa apa, coba? Cara untuk menyetabilkan pergerakan mereka ini?

Dengan uraian tersebut, apa iya, kita masih berani aja ngasal minta orang lain untuk injak-injak punggung kita demi kerileksan yang hakiki? Jangan-jangan, bukannya jadi rileks dan nyaman, justru badan kita jadi sakit seluruh dikarenakan salah injek, lagi? Jadi, sebaiknya peduli dulu baik-baik. Sebelum memperbudak minta tolong, anak-anak kecil di kira-kira kita. Gitu.

Sumber : https://penjaskes.co.id/

Baca Juga :

JANGAN REMEHKAN GEJALA TIPES YANG MIRIP JATUH CINTA ITU

JANGAN REMEHKAN GEJALA TIPES YANG MIRIP JATUH CINTA ITU

Merasa pusing, lemas, tidak nafsu makan, sampai disorientasi tempat? Jangan kira kamu kembali jatuh cinta. Bisa jadi, kamu sedang mengalami tanda-tanda tipes!

Pancaroba, atau peralihan musim yang ditandai oleh situasi hawa tidak menentu, banyak angina besar, dan sebagainya. Pagi sampai sore hawa begitu panas, untuk kemudian hujan deras disertai angin kencang begitu malam hari. Hujan semalaman, paginya kembali panas. Banjir, namun bersama dengan hawa panas. Bakteri dan virus menari-nari, muncul begitu bahagia.

Gawat, tubuh tidak dapat beradaptasi bersama dengan pergantian musim. Tubuh menjadi rentan, gampang diserang penyakit. Flu, demam, sampai yang sungguh tak enak: tanda-tanda tipes terasa muncul. Apalagi terkecuali dikolaborasikan bersama dengan demam berdarah atau flu tulang. Sudah, tubuh menjadi amat lemas, dan beresiko terkecuali tidak segera ditangani dokter.

Oleh karena itu, kenali tanda-tanda tipes agar kamu seluruh dapat menyiapkan diri hadapi tidak benar satu sakit yang umum diderita kelas pekerja seperti kami ini.

Penyakit dan tanda-tanda tipes disebabkan oleh bakteri yang disebut Salmonella typhi. Karena penyebabnya bakteri, maka penyakit tipes atau juga disebut sebagai demam tifoid amat menular. Orang yang terinfeksi dapat menularkan bakteri dari tubuh mereka melalui feses (tinja) dan urin.

Gejala tipes kebanyakan akan terasa muncul kurang lebih satu atau dua minggu sehabis seseorang terinfeksi bersama dengan bakteri Salmonella typhi. Kamu perlu mengetahui gejalanya sejak dini agar dapat segera ditangani. Berikut ciri-ciri yang umum muncul dari tanda-tanda tipes:

Demam atau panas tinggi, dapat mencapai 39 sampai 40 derajat Celcius.
Sakit kepala
Nyeri otot
Sakit perut
Tidak nafsu makan
Sembelit atau diare
Ruam berupa bintik-bintik merah muda kecil
Pegal-pegal
Lemas
Rasa Kebingungan, seperti disorientasi area dan lingkungan.

Beberapa yang paling umum terasa adalah sakit kepala, nyeri otot, tidak nafsu makan, pegal, lemas, dan disorientasi. Sebuah situasi yang juga kamu-kamu seluruh rasakan saat jatuh cinta, bukan? Tiba-tiba tidak nafsu makan, lemas, dan disorientasi saat chat wasapmu tidak kunjung dibalas.

Maka dapat jadi, bukannya jatuh cinta, kamu justru kena tanda-tanda tipes. Makanya, jangan bahagia dulu. Karena terkadang, lebih gampang membuat sembuh tanda-tanda tipes ketimbang move on dari jatuh cinta with people we can’t have. MAMAM!

Sudah jelas bersama dengan tanda-tanda jatuh cinta? Ahh maaf, maksud saya tanda-tanda tipes? Kalau sudah paham, kamu juga perlu waspada lantaran tanda-tanda tipes itu amat gampang kembali lagi. seperti jatuh cinta, tanda-tanda tipes juga dapat susah move on.

Gejala tipes kebanyakan muncul kembali dua minggu sehabis demam reda. Sekitar 10 persen pengidap tipes mengalami tanda-tanda kambuhan selama satu sampai dua minggu. Ketika kamu begini lagi, kebanyakan dokter memberi tambahan antibiotik lagi, walau tanda-tanda yang kamu alami tidak separah sebelumnya.

Bila masih ditemukan bakteri Salmonella typhi pada feses atau tinja, maka kamu akan direkomendasikan untuk kembali mengonsumsi antibiotik selama 28 hari. Tujuannya untuk membuang bakteri sekaligus menghambat pengidap menjadi carrier (pembawa bakteri).

Perlu kamu ketahui juga bahwa vaksin atau imunisasi tidak dapat melindungimu 100 persen dari penyakit tipes. Kamu masih berisiko terkena tipes walau sudah diimunisasi. Bila tiba-tiba demam sehabis berkunjung ke area bersama dengan kasus tipes paling tinggi, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Jangan curhat ke teman, karena ini bukan jatuh cinta.

Baca Juga :

Pantangan Yang Harus Dihindari Setelah Operasi Caesar

Tidak seperti persalinan normal, ibu yang menjalani operasi caesar membutuhkan waktu pemulihan yang lebih lama. Tentu saja, pulih dari operasi caesar tidak mudah. Banyak hal yang harus diperhatikan bagi ibu yang baru saja menjalani operasi caesar. Bahkan, ada beberapa pembatasan setelah operasi caesar yang harus dilakukan oleh ibu untuk pulih dengan cepat. Apa saja hal yang tidak boleh dilakukan oleh ibu setelah operasi caesar?

Berbagai batasan setelah operasi caesar yang seharusnya diketahui ibu
Tak lama setelah operasi caesar, ia mungkin tidak segera diizinkan untuk pulang dan diundang untuk menghabiskan beberapa hari untuk dirawat di rumah sakit. Ketika Anda berada di rumah sakit, Anda akan diperlakukan dengan baik oleh tim medis Anda.

Namun, ketika Anda berada di rumah, Anda harus menjaga diri sendiri sehingga Anda dapat dengan cepat pulih dan kembali ke kegiatan normal. Padahal, rata-rata wanita membutuhkan sekitar 3 bulan untuk pulih setelah operasi. Tentu saja, jika rekomendasi dilakukan dengan benar dan tabu harus dihindari.

Jadi apa saja hal-hal yang tidak akan dilakukan setelah operasi caesar yang sukses?

Tidak melakukan aktivitas fisik setelah operasi sesar
1. Lakukan aktivitas fisik yang intens. Tentu saja, Anda tidak diperbolehkan melakukan aktivitas fisik atau olahraga intens, seperti aerobik, bersepeda, dan berenang. Tapi itu tidak berarti Anda bisa duduk atau tinggal sepanjang hari di rumah. Anda dapat melakukan aktivitas fisik yang membuat tubuh Anda bergerak seperti berjalan.

2. Berhubungan seks dengan pasangan. Para ahli merekomendasikan untuk tidak melakukan hubungan seks dalam 6 minggu setelah operasi. Pada saat itu, rahim pulih dan perdarahan biasanya berhenti total. Selanjutnya, perubahan hormon yang terjadi setelah operasi caesar akan membuat Anda kurang bersemangat. Karena itu, tubuh Anda perlu waktu untuk mengembalikannya ke normal.

3. Kurang tidur. Walaupun sangat sulit untuk mengatur waktu tidur Anda karena Anda harus merawat bayi baru lahir Anda dan memberinya ASI eksklusif, tetapi Anda harus pintar untuk menemukan waktu istirahat untuk beristirahat sendiri.

4. Bawa benda berat. Hindari membawa benda-benda yang beratnya lebih dari anak, karena ini akan mempengaruhi luka operasi.

bagaimana menjaga anak

Pantang dalam pengobatan luka setelah operasi caesar
1. Jangan menjaga kebersihan pribadi. Yang perlu diingat ketika Anda diizinkan pulang ke dokter adalah menjaga agar luka operasi tetap bersih. Anda tidak benar-benar perlu mengganti perban ganti sendiri – biasanya ketika Anda memeriksakan diri ke dokter, yang harus Anda lakukan hanyalah menjaga kebersihan pribadi. Biasakan mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun dan pastikan area luka tetap bersih.

2. Basahi luka bedah. Biasanya, titik-titik operasi caesar dihilangkan 2-3 miggu nanti. Ini memaksa Anda untuk menjaga jahitannya tetap kering, sehingga penyembuhan luka terjadi dengan cepat.

Pantang dari makanan dan minuman setelah operasi caesar
1. Diet ketat. Pada kenyataannya, tidak ada makanan atau minuman yang harus Anda hindari. Mempertahankan pola makan sehat sudah cukup untuk membantu proses pemulihan. Hindari mengikuti diet ketat setelah operasi caesar. Meskipun Anda ingin berat badan Anda kembali normal, tetapi mengikuti diet ketat tidak hanya memperpanjang proses pemulihan, tetapi juga memengaruhi kualitas ASI Anda.

2. Kurang serat dan kurang minum. Banyak yang mengalami sembelit atau kesulitan buang air besar sesaat setelah operasi. Ini akan membuat Anda tidak nyaman. Apalagi ketika Anda mendorong lebih keras (ganas), itu akan menyebabkan rasa sakit pada luka bedah. Jadi untuk menghindari hal ini, perbanyak dengan mengonsumsi makanan berserat dan minum cukup air.

semoga Bermanfaat

Baca Juga :

Pengertian Insomnia Lengkap

Sulit tidur nyenyak membuat tubuh lelah keesokan harinya. Anda mengantuk dan tidak dapat berkonsentrasi dengan baik ketika Anda sedang bepergian. Meskipun umum, gejala insomnia cenderung lebih umum pada orang dengan gangguan mental. Penyakit mental apa yang menyebabkan Anda susah tidur? Ayo, simak ulasan berikut ini.

Apa itu insomnia?
Insomnia adalah gangguan tidur yang ditandai dengan kesulitan mulai tidur, sering terbangun di malam hari dan sulit tidur lagi, dan bangun lebih awal dari biasanya dan sulit untuk kembali tidur setelah bangun tidur.

Pengertian Insomnia

Insomnia bukan hanya penyakit, tetapi juga merupakan gejala penyakit. Bagaimana itu mungkin? Jika gangguan tidur ini terjadi tanpa diikuti oleh masalah kesehatan lainnya, insomnia disebut penyakit primer atau insomnia. Biasanya ini terjadi karena penggunaan alkohol atau efek samping dari beberapa obat.

Sementara itu, jika insomnia muncul karena kondisi medis tertentu, insomnia disebut insomnia sekunder. Umumnya gejala insomnia terjadi pada orang dengan asma, radang sendi atau masalah mental.

Masalah mental yang menyebabkan gejala insomnia
Ada beberapa masalah mental yang menyebabkan gejala insomnia, termasuk:

1. Depresi
terapi cahaya cara mengatasi depresi menghilangkan depresi
Sekitar tiga perempat pasien depresi mengalami gejala insomnia. Gejala-gejala ini memiliki dampak kuat pada kualitas hidup dan dapat mendorong pasien untuk mencoba bunuh diri.

Depresi adalah gangguan mood yang membuat seseorang merasa sedih, putus asa, tidak berdaya dan tidak berharga. Semua emosi negatif ini membuat pikiran Anda, sehingga sulit untuk tidur.

2. Gangguan kecemasan
merasa kesepian
Hampir 90% orang dewasa dengan gangguan kecemasan melaporkan memiliki gejala insomnia sedang hingga berat. Orang dengan gangguan kecemasan cenderung lebih cemas, berekspresi berlebihan dan mengalami kesulitan mengatasinya.

Sekalipun tubuh lelah, ketakutan, kesiapan, dan kekhawatiran yang terus muncul membuat seseorang sulit untuk mencoba tidur nyenyak.

3. Serangan panik
perbedaan skizofrenia dan gangguan bipolar
Serangan panik menyebabkan jantung berdetak cepat, tremor, pusing, keringat berlebih, dan sesak napas. Sebagian besar pasien dengan gangguan ini biasanya mengalami serangan panik nokturnal, yang merupakan serangan panik yang terjadi selama tidur.

Serangan panik nokturnal dapat mengembangkan gejala insomnia karena pasien merasa takut dan berusaha menghindari tidur.

4. Gangguan bipolar
gangguan bipolar
Gangguan bipolar menyebabkan seseorang mengalami perubahan ekstrim dalam suasana hati, dari depresi (depresi) menjadi mania (aktif tidak terkontrol). Satu studi menunjukkan bahwa selama episode depresi dan mania, hampir semua pasien mengalami gejala insomnia.

Seperti halnya depresi pada umumnya, bahkan pasien bipolar yang mengalami episode ini tidak dapat tidur nyenyak. Sementara selama episode mania, itu bisa membuat mereka lupa kelelahan, sehingga mereka tidak bisa mulai tidur.

Jika gejala insomnia berlanjut, apa pengaruhnya?
Tidur adalah waktu bagi tubuh untuk beristirahat. Jika Anda tidak cukup tidur, Anda menjadi mengantuk, lelah, dan mudah tersinggung. Terutama pada orang dengan masalah mental. Gangguan insomnia yang tidak membaik akan mengurangi kualitas hidup pasien.

Penderita depresi, misalnya. Mereka yang cenderung tidak makan dengan baik akan secara alami menurunkan sistem kekebalan tubuh mereka. Berbagai infeksi dari virus, jamur atau bakteri menjadi lebih sensitif. Gejala depresi lainnya menjadi lebih buruk.

Cara meningkatkan tidur jika Anda memiliki masalah mental
Kunci untuk menangani gejala mental yang berhubungan dengan insomnia adalah untuk mengobati masalah mental. Jika tidak, kualitas tidur mungkin tidak membaik secara optimal atau dapat muncul kembali dengan mudah.

Nah, untuk mengatasi masalah mental biasanya, Anda akan mengikuti terapi obat, terapi perilaku kognitif (CBT), terapi inhalasi dengan visualisasi dan terapi lain yang direkomendasikan oleh dokter Anda.

Selain itu, ada cara lain yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan kualitas tidur, seperti merencanakan tidur dan bangun. Jika Anda biasanya tidur pada jam 1:00 siang, cobalah tidur lebih awal sehingga mengurangi jam sebelumnya. Lakukan secara bertahap dalam beberapa minggu agar terbiasa.

Baca juga:

Mengapa saat puasa kita sering haus ?

Sebagian orang lebih sulit menahan dahaga daripada lapar saat puasa. Haus bisa menjadi pengganggu nomor satu dalam puasa karena bisa membuat tubuh lemah dan sakit kepala. Pada kenyataannya, adakah cara sederhana untuk mencegah dan mengatasi kehausan puasa?

Apa yang Anda makan saat fajar, memengaruhi rasa haus Anda di siang hari
Puasa di musim panas membuat Anda benar-benar merasakan mulut dan tenggorokan. Terlebih lagi di siang hari, Anda pasti akan merasa haus. Ini wajar karena selama puasa Anda akan dilarang minum atau makan, sehingga Anda akan kehilangan cairan atau dehidrasi.

Mengapa saat puasa kita sering haus ?

Ada beberapa faktor yang terkadang menyebabkan rasa haus yang tak tertahankan. Selain aktivitas yang mengalirkan cairan tubuh dan kondisi iklim yang hangat dengan kelembaban tinggi, faktor-faktor yang dikonsumsi saat makan sahur juga mempengaruhi rasa haus saat berpuasa.

Masalah ini sebenarnya dapat diatasi dengan makan makanan dan minuman yang tepat ketika mereka cepat rusak atau saat fajar. Sangat mungkin bahwa jika Anda berbuka puasa Anda cenderung makan makanan dan minuman yang tidak benar, sehingga Anda merasa mudah haus dan lapar.

Sekali lagi, memperhatikan diet Anda selama bulan puasa sangat penting untuk kondisi tubuh Anda. Merupakan ide bagus untuk membiasakan diri mengonsumsi makanan dan minuman yang dapat membantu Anda mengatasi rasa haus Anda selama puasa Ramadhan.

Bagaimana kita bisa mengatasi rasa haus akan puasa?
Mempertahankan suhu tubuh yang normal dapat membantu Anda tidak haus, terutama jika Anda memiliki banyak kegiatan di luar ruangan. Jika tubuh menjadi terlalu panas, salah satu cara paling efektif untuk mengurangi suhu tubuh adalah dengan mandi atau berendam dalam air dingin.

Pastikan suhu air dingin, bukan dingin. Suhu air ini harus di bawah suhu tubuh. Jika terlalu dingin, ketika Anda selesai mandi atau mandi, tubuh Anda bereaksi dengan melepaskan panas untuk menghangatkan Anda.

Bagi Anda yang pergi ke kantor menggunakan sepeda motor dan terlalu lama di jalan karena kemacetan. Anda akan merasa lelah dan haus ketika Anda tiba di kantor.

Jika Anda telah tiba di kantor, Anda dapat mencoba meletakkan es batu di handuk tipis dan meletakkannya di leher dan pergelangan tangan Anda selama dua menit, yang merupakan dua titik impuls yang dapat Anda pegang setiap saat sepanjang hari.

Ini dapat mendinginkan tubuh karena denyut nadi adalah area di mana pembuluh darah dekat dengan permukaan kulit sehingga Anda dapat memindahkan hawa dingin ke tubuh.

Anda juga bisa meletakkan handuk dingin ini di sekitar pangkal kepala dan leher dalam air dingin selama 5-10 menit. Di daerah ini ada banyak pembuluh darah yang dekat dengan permukaan kulit dan dapat membantu Anda mendinginkan tubuh dengan cepat.

Bagaimana mencegah rasa haus saat puasa

Agar puasa Anda tidak terganggu dan tetap lancar sampai takbir bergaung, Anda dapat mencoba beberapa saran untuk mengatasi rasa haus saat berpuasa. Apa sarannya? Ini ulasannya.

1. Minumlah banyak air saat fajar
Cobalah untuk memperbanyak air minum dari saat puasa hingga akhir bulan. Ini bisa membuat Anda terhidrasi saat puasa. Anda bisa meletakkan air minum dalam wadah botol ketika Anda akan tidur, yang bisa Anda minum saat Anda bangun di tengah malam.

Cobalah minum satu atau dua gelas air setiap jam. Kebiasaan ini akan membantu Anda untuk tidak haus saat puasa.

2. Mengkonsumsi banyak buah
Cara sederhana untuk mencegah rasa haus saat berpuasa adalah dengan mengonsumsi banyak buah. Anda dapat mengambil asupan cairan hanya dengan minum air, tetapi Anda juga bisa mendapatkannya dalam buah.

Semangka, stroberi, anggur, dan melon mengandung sekitar 90-92% air. Persik, rasberi, nanas, aprikot, dan blueberry mengandung sekitar 85-89% air. Buah-buahan ini dapat dimakan segar, beku atau diperas dan dimakan saat fajar. Anda juga bisa mencampur beberapa buah untuk membuat salad buah.

3. Siapkan yogurt
Tahukah Anda bahwa yogurt mengandung sekitar 85% air? Anda tidak hanya dapat memberikan asupan cairan tubuh, kandungan yogurt yang memiliki banyak nutrisi, kalsium dan protein, sangat baik bagi Anda yang sedang berpuasa. Anda bisa menambahkan buah ke yogurt untuk mendapatkan lebih banyak asupan cairan saat fajar.

Baca juga:

Minuman Yang Sehat Untuk Berbuka Puasa

Buka puasa adalah waktu yang diharapkan selama bulan Ramadhan. Beberapa orang memilih air dingin sebagai minuman berbuka puasa, sementara yang lain dapat memilih air panas. Setelah hampir 13 jam puasa, menahan rasa lapar dan haus, air dingin menjadi minuman buka puasa yang menyegarkan. Tetapi haruskah Anda berbuka puasa dengan air dingin atau air panas?

Minuman Yang Sehat Untuk Berbuka Puasa


Apakah ini segar, tetapi apakah sehat untuk berbuka puasa dengan air dingin?

Siapa yang tidak tergoda oleh air dingin dingin sebelum berbuka puasa. Kesegaran air dingin menyebabkan banyak orang memilih berbuka puasa dengan air dingin. Tetapi ternyata minuman iftar dingin tidak baik untuk tubuh.

Menurut operator nutrisi dan olahraga klinis, Rita Ramayulis, yang diterbitkan oleh Kompas, mengatakan bahwa berbuka puasa dengan minuman yang terlalu dingin akan memperlambat kerja lambung karena harus beradaptasi dengan suhu tubuh.

Selanjutnya, perut belum terisi dengan makanan atau minuman selama hampir 13 jam, perut akan berkontraksi atau terkejut ketika segera menerima air dingin. Perut juga akan terasa bengkak jika berbuka puasa langsung dengan minuman dingin.

Kami menyarankan Anda untuk memilih minuman berbuka puasa yang tidak terlalu dingin dan yang tidak perlu menggunakan es batu. Jika terlalu dingin, suhu air yang Anda minum akan diatur terlalu lama dibandingkan dengan suhu tubuh.
Minuman berbuka harus panas

Menurut Sekretaris Asosiasi Dokter Indonesia Kalimantan Barat, Dr. Nursyam M.Kes., Untuk berbuka puasa, lebih baik memilih minuman manis dan panas untuk menghindari kejutan perut kosong setelah seharian penuh.

Anda juga dapat menghentikan puasa dengan memprioritaskan air minum yang tidak dingin atau air pada suhu kamar. Kemudian, dari lima hingga sepuluh menit, Anda dapat mengonsumsi minuman manis atau makanan ringan manis, seperti kurma atau kolak.

Minuman manis seperti teh panas manis dapat direkomendasikan sebagai minuman berbuka puasa karena dapat menormalkan kadar gula darah setelah puasa.

Tapi hati-hati, bahkan minuman manis tidak boleh berlebihan, harus sesuai dengan porsinya. Hanya segelas teh manis untuk membantu meningkatkan gula darah dan membantu tubuh Anda mendapatkan kembali energi.

Selain memilih minuman panas dan manis, Anda juga bisa makan buah yang secara alami manis. Buah ini memiliki kandungan air yang tinggi dan juga dapat meningkatkan gula darah yang jatuh saat puasa.
Manfaat meminum air panas saat puasa istirahat

Secara umum, minum air panas dapat meningkatkan sirkulasi darah dan melindungi organ internal dari kerusakan. Namun, meminum air panas saat perut kosong atau berbuka puasa juga memiliki manfaat.

Minum air panas saat puasa rusak mengembalikan suhu tubuh, sehingga perut dapat beradaptasi dengan baik setelah jangka waktu yang lama tanpa makan dan minum.

Selanjutnya, air panas dapat mengaktifkan sistem pencernaan yang, tentu saja, dapat membantu mencegah gangguan pencernaan. Ini juga dapat merangsang aliran darah ke usus dan dapat mencegah sembelit saat puasa.

Baca juga :

 

Manfaat Minum Air Kunyit

Kunyit adalah bumbu yang membawa banyak manfaat bagi kehidupan. Kunyit dapat digunakan sebagai pewarna makanan, rempah-rempah, perawatan kulit, dan obat herbal yang bermanfaat bagi kesehatan. Manfaat kunyit untuk kesehatan Anda cukup banyak. Untuk mendapatkan keuntungan, kunyit dapat diproses paling sering menjadi kunyit, atau dapat diseduh seperti kunyit dengan tambahan gula aren dan madu.

Manfaat Minum Air Kunyit

Pada sebagian orang, air kunyit biasanya dikonsumsi pada pagi hari ketika perut kosong, atau mungkin dikonsumsi pada malam hari sebelum tidur. Nah, pada artikel ini kita akan membahas apa manfaat minum air kunyit sebelum tidur untuk kesehatan. Lihat uraian di bawah ini.

1. Perbaiki tidur

Mengalami insomnia atau sulit tidur sangat merepotkan. Karena itu membuatnya sulit untuk bangun dan membuat tubuh terasa berat untuk melakukan aktivitas keesokan harinya. Untuk mengatasinya, mengonsumsi air kunyit dapat menjadi salah satu solusi paling efektif dan aman untuk dicoba.

2. Sistem pencernaan yang sehat

Seperti manfaat kunyit untuk kesehatan, minum air kunyit di malam hari sebelum tidur membantu menyehatkan dan meningkatkan sistem pencernaan. Kunyit kunyit dapat mencegah runtuhnya saluran pencernaan, terutama jika Anda memiliki kebiasaan makan yang baik sebelum tidur.

3. Mengurangi kekakuan tulang

Setelah aktivitas sehari, tulang dan sendi mungkin mengalami nyeri rematik di malam hari. Salah satu keuntungan dari minum air kunyit sebelum tidur adalah untuk menghilangkan rasa sakit dan sakit. Selain itu, manfaat ini juga bisa mencegah rasa sakit di pagi hari dan kekakuan pada penderita rematik.

4. Mengelola kadar kolesterol

Kolesterol adalah salah satu penyakit yang saat ini dialami oleh banyak orang, baik orang dewasa maupun orang muda. Untuk mengatasinya, bisa dibantu setiap malam dengan mengonsumsi susu kunyit, yaitu air kunyit yang dicampur dengan manfaat susu untuk kesehatan.

Meringankan kram selama periode menstruasi

Hal yang paling menyusahkan yang dialami wanita saat menstruasi adalah munculnya kejang di perut. Meskipun menstruasi selama menstruasi dapat secara alami menghilang, cara yang salah untuk mempercepat beberapa hal adalah dengan minum air kunyit sebelum tidur.

Menjaga organ jantung yang sehat

Jantung adalah organ penting yang berperan dalam memompa darah dan memasok oksigen ke dalam tubuh. Saya sangat menyarankan Anda untuk minum air kunyit sebelum tidur. Karena itu memiliki banyak manfaat kunyit di jantung dengan membantu mencegah pembentukan trombus dan mengatasi plak vaskular.

7. Organ lambung sehat

Selain memberi nutrisi pada saluran pencernaan, air kunyit juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan perut. Menelan air kunyit secara berkala sebelum tidur menjaga perut tetap sehat dan secara alami dapat mengatasi gangguan lambung seperti tukak lambung dan asam lambung.

Pertahankan hati yang sehat

Karena hati sangat penting untuk membuang racun dan racun dalam tubuh, hati harus dipertahankan agar berfungsi dengan baik. Air kunyit dapat menjaga kesehatan hati serta manfaat dari minum air lemon sebelum tidur. Air kunyit membantu regenerasi hepatosit yang rusak dengan melindungi kantong empedu agar berfungsi dengan baik.

Diskusi tentang berbagai keuntungan minum air kunyit sebelum tidur untuk kesehatan seperti itu. Semoga itu nyaman.

Baca juga :

 

Manfaat Kerikan Bagi Kesehatan Manusia

Orang-orang di Indonesia akrab dengan istilah Kerokan. Pengobatan alternatif untuk mengusir hawa dingin dilakukan dengan terlebih dahulu menggosok logam pada permukaan kulit belakang yang ditutup dengan balsam atau minyak.

Sebenarnya, selain di Indonesia, pengobatan alternatif banyak dipraktikkan di negara lain, terutama Asia seperti Cina dan Vietnam. Di Vietnam kami menyebutnya cao gio, tetapi apa yang kami lakukan di Cina dikenal sebagai gua sha. Keduanya bertujuan untuk mengatasi masuk angin, sakit, sakit kepala

Manfaat kerikan

Ketika tubuh dikerok, sirkulasi jaringan lunak di bagian tubuh yang terabrasi terbangkitkan, dan aliran darah menjadi lancar. Selain itu, mengikis meningkatkan metabolisme dan diyakini membantu mengatasi peradangan, yang sering menyebabkan penyakit tertentu.

Setelah dikikis, bagian yang tergores tampak seperti tergores dan kemerahan (perdarahan petekie). Bagian ini terasa lebih hangat daripada bagian tubuh lainnya, sehingga tubuh akan terasa lebih rileks. Metode ini relatif aman karena tidak ada efek samping berbahaya yang ditemukan.

Dibutuhkan penelitian lebih lanjut, tetapi diyakini bahwa dari data yang tersedia, pengikisan membantu tidak hanya untuk menghilangkan pilek tetapi juga untuk meringankan beberapa gejala penyakit berikut.

Sakit leher
Menggaruk lebih efektif dalam mengatasi nyeri leher daripada memanaskan bantalan dan tambalan yang ditempatkan di belakang leher. Sebelum membeli obat, Anda bisa menggosok leher untuk meredakan sakit leher.

Migrain
Anda dapat mengikis ketika Anda mengalami migrain. Studi menunjukkan bahwa efektivitas metode ini tidak kalah efektif daripada mengambil banyak obat sakit kepala yang dijual bebas di pasaran.

Pembengkakan payudara
Ibu menyusui sering mengalami pembengkakan dada setelah lahir. Akibatnya, ibu akan kesulitan menyusui. Menggosok dianggap cukup efektif untuk menyelesaikan masalah ini.

Sindrom Tourette
Kuretase dapat dikombinasikan dengan metode lain seperti akupunktur untuk membantu meringankan beberapa gejala sindrom Tourette seperti kejang berulang pada wajah dan gangguan tenggorokan dan suara.
Sindrom menopause
Menggosok membantu mengurangi gejala sindrom menopause seperti insomnia, kegelisahan, kelelahan, dan jantung berdebar (hot flashes). Gejala-gejala ini umum terjadi pada wanita yang mendekati menopause.

Hepatitis B
Penggosokan membantu mengurangi kadar enzim hati, seperti gejala hepatitis B, misalnya peradangan hati, kerusakan hati, jaringan parut yang muncul di hati.

Meskipun tergolong aman

Anda harus menghindari menggosok jika Anda memiliki kelainan pembekuan darah atau sedang minum pengencer darah. Untuk Anda yang baru saja menjalani operasi juga, disarankan agar Anda tidak mengikis. Karena ada bahaya cedera, hindari gesekan berlebihan. Pastikan Anda menggunakan logam yang dibersihkan sebelumnya.

Menggosok mudah dilakukan dengan berbagai manfaat bagi tubuh. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk membuktikan efektivitasnya. Jika Anda memiliki kondisi kesehatan khusus atau keluhan muncul setelah menggosok, Anda harus berkonsultasi dengan dokter

baca juga :

 

Hilangkan Bau Badan dengan 5 Rekomendasi Body Scrub Beraroma Cokelat Ini

Hilangkan Bau Badan dengan 5 Rekomendasi Body Scrub Beraroma Cokelat Ini

Hilangkan Bau Badan dengan 5 Rekomendasi Body Scrub Beraroma Cokelat Ini

Hilangkan Bau Badan dengan 5 Rekomendasi Body Scrub Beraroma Cokelat Ini
Hilangkan Bau Badan dengan 5 Rekomendasi Body Scrub Beraroma Cokelat Ini

Meski outfit dan tampilan makeup

Meski outfit dan tampilan makeup sudah on point, tapi kalau dilanda masalah bau badan, kepercayaan diri pasti langsung menurun. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, ada banyak cara yang bisa ditempuh seperti mengatur pola makan dan menjaga kebersihan badan, hingga mengandalkan bantuan produk perawatan tubuh, seperti parfum, deodoran, atau body scrub.

Hilangkan bau badan dengan 5 rekomendasi scrub beraroma cokelat berikut ini.

Fresh Cocoa Body Exfoliant, menutrisi kulit secara mendalam

Fresh Cocoa Body Exfoliant, salah satu produk body scrub beraroma cokelat untuk hilangkan bau badan.

Fresh Cocoa Body Exfoliant terbuat dari campuran kacang kakao dan batok kelapa yang sudah dihancurkan. Lulur pemenang penghargaan CEW Beauty Insider ini digadang-gadang memiliki khasiat untuk mengatasi kulit kusam. Kandungan mentega kakao dan minyak kelapa di dalamnya juga ampuh menutrisi dan membuat kulit menjadi lebih elastis, lho.

Melalui pemakaian teratur, kulitmu bisa menjadi lebih halus karena body scrub ini bekerja baik dalam membantu proses pengelupasan sel kulit mati. Tak hanya itu, aroma cokelat aslinya yang menggugah selera, dijamin bikin pecinta cokelat rileks seharian.

Bali Ratih Body Scrub Chocolate, pilihan tepat untuk luluran di rumah

Bali Ratih Body Scrub Chocolate, salah satu produk body scrub beraroma cokelat untuk hilangkan bau badan. (foto: bali-ratih)
Bali Ratih Body Scrub Chocolate, salah satu produk body scrub beraroma cokelat untuk hilangkan bau badan. (foto: bali-ratih)
Baru pertama kali mencoba lulur di rumah? Kamu bisa menjatuhkan pilihan pada Bali Ratih Body Scrub Chocolate. Rilis bersama empat belas aroma lain dalam koleksi scrub Bali Ratih, lulur tradisional yang diolah menggunakan teknologi terbaru ini efektif mengangkat sel kulit mati yang tentunya bisa membuat kulitmu menjadi lebih sehat.

Kandungan cokelat yang dimilikinya merupakan ekstrak alami dan berkualitas. Butirannya yang lembut dan aromanya yang tahan lama cocok jadi solusi masalah bau badan yang membandel. Produk ini tepat untuk dicoba buat luluran di rumah.

The Body Shop Cocoa Butter Body Scrub, mengangkat kotoran di tubuh

The Body Shop Cocoa Butter Body Scrub, salah satu produk body scrub beraroma cokelat untuk hilangkan bau badan. (Foto: thebodyshop)
The Body Shop Cocoa Butter Body Scrub, salah satu produk body scrub beraroma cokelat untuk hilangkan bau badan. (Foto: thebodyshop)
The Body Shop Cocoa Butter Body Scrub memiliki kandungan ekstrak cocoa butter langsung dari Ghana yang berfungsi untuk menutrisi kulit sehingga terjaga kelembapannya. Butiran scrub-nya yang halus dengan tekstur yang creamy tidak menyebabkan iritasi sehingga cocok digunakan bagi pemilik kulit sensitif. Dengan daya angkut sel kulit matinya yang bekerja sempurna, produk ini mampu mengangkat segala jenis kotoran pada kulit dan membuatnya terasa lebih halus serta kenyal. Soal aroma tak perlu diragukan lagi, kamu akan betah mencium aroma tubuh sendiri tiap usai pemakain, nih.

Evete Naturals Body Scrub Chocolate Mint Coffee, dapat membasmi jerawat punggung dan stretch marks

Evete Naturalas Body Scrub Chocolate Mint Coffee, salah satu produk body scrub beraroma cokelat untuk hilangkan bau badan.
Bukan cuma ampuh menghilangkan bau badan, Evete Naturals Body Scrub Chocolate Mint Coffee ini bisa membantu menyembuhkan beberapa masalah kulit, seperti eczema, psoriasis, dan jerawat punggung. Lulur yang kaya antioksidan ini bahkan dapat menyamarkan bekas luka, stretch marks, dan selulit secara efektif jika digunakan secara rutin.

Seakan tak cukup dengan segudang khasiatnya, produk ini juga menawarkan aroma menenangkan perpaduan antara cokelat hitam, kopi, dan mint menyegarkan. Produk ini menjadi pilihan yang tepat agar tubuh semakin halus dan lembut.

 

MoAyu Body Scrub Chocolate, cocok untuk pemilik kulit sensitif

MoAyu Body Scrub Chocolate, salah satu produk body scrub beraroma cokelat untuk hilangkan bau badan.

MoAyu Body Scrub Chocolate diperkaya dengan kandungan kelapa, biji aprikot, lidah buaya, dan essential oil ylang ylang. Dengan butiran scrub yang halus, body scrub ini secara ampuh mengangkat sel-sel kulit mati pada permukaan kulit kamu dengan sempurna. Kehalusan butiran scrub-nya juga membuatnya cocok digunakan bagi pemilik kulit sensitif karena tidak menyebabkan iritasi. Tak hanya wangi, usai pemakaian kulitmu menjadi lebih bersih, lembap, dan tampak bercahaya dari sebelumnya.

Sumber : https://merkterbaik.com/

Perlu Diwaspadai! Suplemen Zat Besi Bisa Memicu Kanker Usus Besar

Perlu Diwaspadai! Suplemen Zat Besi Bisa Memicu Kanker Usus Besar – Penelitian terbaru mengindikasikan bahwa suplemen zat besi tertentu dapat memprovokasi perkembangan kanker usus besar. Penelitian yang dilaksanakan Chalmers University of Technology ini melafalkan bahwa dua senyawa, yaitu besi sitrat dan EDTA besi yang sering dipakai dalam suplemen makanan terbukti menambah pembentukan biomarker, senyawa penanda kanker.

Dilansir Zeenews, peneliti menyaksikan efek takaran suplemen normal dari senyawa ini pada dua jenis sel kanker kolon manusia. Sebagai perbandingan, peneliti pun mengukur efek sulfat besi, senyawa besi beda yang terdapat secara umum.

Hasilnya ditemukan bahwa sulfat besi tidak mempunyai efek. Sedangkan sitrat besi dan EDTA besi mengakibatkan peningkatan kadar seluler amphiregulin, biomarker penanda kanker. Ini bahkan terjadi pada takaran rendah.

“Kita dapat memutuskan bahwa sitrat besi dan EDTA besi mungkin mempunyai sifat karsinogenik sebab keduanya menambah pembentukan amphiregulin, penanda kanker yang dikenal sangat sering dikaitkan dengan kanker jangka panjang dengan prognosis buruk,” kata pengarang utama, Nathalie Scheers.

“Banyak toko dan pemasok tidak benar-benar mengaku apa jenis senyawa besi yang ada, bahkan di apotek. Biasanya, itu melulu mengatakan besi atau mineral besi, yang bermasalah untuk konsumen,” tambahnya.

Sementara, mayoritas zat besi yang diperlukan tubuh didapatkan melalui makanan laksana daging, ikan, sayuran, buah-buahan dan biji-bijian. Tetapi terkadang urusan itu tidaklah cukup. Bagi perempuan hamil memerlukan zat besi tambahan, serta orang-orang yang kehilangan darah atau mempunyai kadar hemoglobin yang rendah.

Sedangkan, pada pasien dengan penyakit ginjal, takaran tinggi zat besi mungkin dibutuhkan untuk mengikat fosfat ke dalam aliran darah. Temuan dari riset ini diterbitkan dalam jurnal Oncotarget.

Baca Juga: