Cara Menyembunyikan Aktivitas dan Jaga Privasi di WhatsApp

Cara Menyembunyikan Aktivitas dan Jaga Privasi di WhatsApp

Menggunakan WhatsApp untuk berbagi informasi merupakan kebutuhan sehari-hari guna masyarakat. Secara default, WhatsApp menyalurkan kegiatan anda dengan teman atau publik dalam sebanyak cara.

Ketika kamu sedang menggunakan WhatsApp dan tidak berkeinginan ada orang yang mengetahui apa yang sedang kamu lakukan, anda dapat mengerjakan sejumlah trik berikut ini.

1. Matikan pemberitahuan di WhatsApp

Secara default, WhatsApp dapat menunjukkan jam terakhir kamu aktif di media sosial tersebut. Untuk kamu yang tidak berkeinginan diketahui kapan terakhir bermain WhatsApp, lagipula anda sedang tidak berkeinginan membalas chat dari sesorang, kamu dapat menggarap hal berikut.

Pertama, buka aplikasi WhatsApp di smartphone kamu. Untuk di Android, klik tombol menu tiga titik yang ada di kanan atas, lantas pilih Pengaturan. Untuk iOS, klik entri Pengaturan yang ada di bagian bawah.

Pilih Akun > Privasi dan kamu akan menonton opsi berlabel Last Seen. Klik dan ubah dari ‘Semua orang’ ke ‘Kontak saya’ atau ‘Tidak seorang pun (Nobody)’. Pilihan tersebut bergantung pada preferensi kamu.

Setelah kamu mengubahnya, orang-orang tidak bakal dapat menyaksikan kapan terakhir kamu aktif di WhatsApp. Tetapi anda pun tidak dapat menyaksikan saat orang lain sedang aktif.

2. Nonaktifkan tanda sudah dibaca

Ketika kamu mengaktifkan tanda baca di WhatsApp, berarti kamu mengizinkan pengirim pesan mengetahui apakah pesan yang telah dikirimkan sudah dibaca atau belum.

Dua centang abu-abu berarti WhatsApp berhasil mengirim pesan guna kamu. Centang tersebut akan kembali menjadi biru setelah pesan tersebut telah dibaca.

Kamu bisa menonaktifkan pemberitahuan, ketika kamu telah memperhatikan pesan yang telah diterima tanpa diketahui bahwa pesan yang ia kirim sudah dibaca.

Untuk menonaktifkannya, anda lumayan pulang ke Pengaturan> Akun> Privasi dan hapus centang Baca tanda terima di bagian bawah. Ketika sudah diaktifkan, hal ini tidak terpengaruh terhadap obrolan di suatu grup.

3. Sembunyikan foto profil

Kamu mungkin telah menilai foto terbaik yang berkeinginan kamu pakai untuk foto profil di WhatsApp. Namun, sering tidak tidak banyak orang yang tidak berkeinginan diketahui fotonya oleh orang lain yang tidak dikenal.

Untuk mengubah privasi foto profil kamu, cukup pergi ke Pengaturan> Akun> Privasi. Lalu, kamu pilih opsi Foto profil, dan pilih lagi dari Semua Orang, Kontak Saya, atau Tidak seorang pun.

Pilihan tersebut tergantung guna kamu berkeinginan memilih yang mana.

4. Pilih kontak untuk pembagian status

Bukan hanya konten mengalirkan pesan melalui olah pesan, WhatsApp telah menambahkan fitur untuk berbagi cerita melalui status yang diberi nama “pembaruan status”.

Status melulu dapat disaksikan oleh orang yang mempunyai kontak kamu saja. Tetapi, saat ini anda dapat memilih sendiri siapa saja yang kamu perkenankan untuk menonton status kamu.

Caranya, pilih Pengaturan> Akun> Privasi dan pilih bagian status. Kamu mempunyai sejumlah pilihan, yaitu Kontak Saya yang ditujukan untuk seluruh orang yang memiliki nomer WhatsApp kamu. Pilih Hanya Bagikan, bila berkeinginan membatasi orang yang menonton status kamu.

5. Sembunyikan Pesan “Tentang” Anda

Pesan “Tentang” di WhatsApp merupakan bio singkat tentang diri kamu yang dapat disaksikan oleh semua orang.

Untuk menyembunyikannya, anda lumayan pergi ke Pengaturan> Akun> Privasi. Klik “Tentang” dan pilih apakah kamu berkeinginan menampilkan pesan Tentang kamu kepada Semua orang, Kontak saya, atau Tidak seorang pun.

6. Gunakan Mode Pesawat

Mode pesawat tidak sedikit dipakai untuk sebanyak hal yang berguna. Seperti yang telah diketahui bersama, bahwa fungsi dai mode pesawat ini merupakan untuk memutuskan semua jaringan komunikasi nirkabel, sehingga smartphone kamu tidak dapat terhubung ke internet, Bluetooth, dan hal yang serupa.

Hal ini dapat kamu gunakan jika berkeinginan membaca pesan dari temanmu tanpa memberitahu pengirim. Caranya cukup mudah, alihkan pintasan mode pesawat dengan menyeret ke bawah menggunakan dua jari di Android untuk membuka Pengaturan Cepat, atau geser dari atas ke bawah untuk membuka Control Center di iOS.

Setelah mengaktifkan mode pesawat, kamu dapat membuka aplikasi WhatsApp dan mengecek pesan yang telah kamu terima. Di sini, kamu tidak dapat menerima pesan baru karena mode pesawat kamu masih diaktifkan.

7. Manfaatkan Pemberitahuan Popup

Kamu dapat memakai notifikasi WhatsApp untuk menonton isi pesan tanpa harus membukanya.

Pada Android, kamu perlu membuka Pengaturan lantas pergi ke Pemberitahuan. Pilih pemberitahuan popup dan ubah untuk sering kali tampilkan popup.

Kamu pun bisa memilih pesan yang terlihat hanya saat layar menyala atau mati. Lakukan hal yang sama bila berkeinginan menampilkan pemberitahuan pada grup kamu.

Di iOS, kamu harus mengubah gaya notifikasi terlebih dahulu. Caranya, buka Pengaturan> Pemberitahuan, lantas pilih Pemberitahuan Dalam Aplikasi. Di sini, kamu harus mengubah Alert Style ke Alerts.

Setelah selesai menggarap hal tersebut, pesan baru akan muncul pada layar smartphone kamu. Kamu dapat memperhatikan pesan yang telah diterima tanpa perlu menandai pesan tersebut telah dibaca.

Baca Juga :