khasiat madu bagi tubuh

Beragam Nutrisi Yang Terkandung Dalam Madu

Nutrisi Dalam Madu

Madu telah digunakan secara turun-temurun sebagai wahana pengobatan alternatif dan sebagai sumber nutrisi harian. Ada alasan yang meyakini bahwa madu memiliki efek positif bagi tubuh. Penelitian telah menunjukkan bahwa makanan penghasil lebah baik untuk tubuh karena adanya beberapa vitamin dan nutrisi penting.

Vitamin dan nutrisi dalam madu adalah:

Kalori
Vitamin B1 dalam makanan
Kalsium
Tembaga
Besi
Seng
Gula
Antioksidan (flavonoid)

Beragam Manfaat Madu

1. sumber Sumber energi

Manfaat madu yang pertama adalah sebagai sumber energi bagi tubuh. Ya, diyakini jika makan madu di pagi hari sebelum beraktivitas, stamina tubuh akan meningkat dan aktivitas yang diinginkan akan berjalan dengan lancar.

Kandungan glukosa pada madu menjadi alasan untuk menggunakan makanan ini sebagai sumber energi alternatif selain gula. Bisa dimakan dengan mencampurkan madu dengan teh untuk sarapan pagi atau mengoleskannya pada roti.

2. Antibakteri, antijamur

Madu juga diklaim sebagai agen anti bakteri alami. Sebuah studi yang diterbitkan dalam European Journal of Clinical Microbiology & Infectious Diseases menunjukkan bahwa madu manusia efektif dalam memerangi bakteri Clostridium difficile, yang menyebabkan masalah kesehatan seperti diare. Jenis bakteri lain yang dapat diobati dengan madu adalah:

Helicobacter pylori
Staphylococcus aureus
Selain sifat anti bakterinya, madu manuka juga merupakan agen antijamur. Ini karena madu mengandung hidrogen peroksida, yang diklaim efektif melawan infeksi jamur.

3. Mengatasi batuk dan radang tenggorokan

Manfaat madu selanjutnya adalah pengobatan batuk dan radang tenggorokan. Studi menunjukkan bahwa madu memiliki efek yang lebih baik pada batuk dan sakit tenggorokan daripada bahan kimia yang diresepkan untuk mengobati batuk. Badan Kesehatan Dunia (WHO) sendiri merekomendasikan madu sebagai obat batuk.

4. Kontrol kadar gula darah Anda

Madu mengandung gula, namun bila digunakan dengan benar, madu dapat menaikkan gula darah dalam tubuh dan menyebabkan diabetes. Tentunya tingkat keamanan madu biasanya lebih baik dari gula, jadi jika Anda menderita diabetes atau ingin terhindar dari penyakit mematikan ini, gunakan madu sebagai pemanis daripada gula biasa. Direkomendasikan.

khasiat madu bagi tubuh

5. Pencegahan penyakit jantung

Manfaat madu yang tidak terduga adalah dapat mencegah atau setidaknya mengurangi risiko penyakit jantung. Ya, berdasarkan penelitian, kandungan antioksidannya bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Seperti diketahui, tekanan darah tinggi (hipertensi) merupakan salah satu pemicu utama penyakit jantung.

6. Pengeringan luka

Penelitian lain menunjukkan bahwa madu dapat digunakan sebagai obat alami untuk menyembuhkan luka kulit. Studi menunjukkan bahwa mereka membantu mencegah luka bakar, cedera dan luka pasca operasi. Sifat anti bakterinya dapat mencegah infeksi luka.

7. Mengatasi “mabuk”

Sebuah penelitian yang dilakukan tim peneliti di NUU Langone Medical Center menemukan bahwa mengonsumsi madu dapat meredakan gejala hangover. Gejala ini ditandai dengan pusing, mual, dan hipersensitivitas terhadap cahaya. Kondisi ini biasanya muncul setelah seseorang mengonsumsi alkohol. Kini, madu berperan dalam mengoksidasi alkohol, sehingga mengurangi gejala di atas.

8. Memperkuat sistem kekebalan

Tubuh yang sehat dan bebas penyakit membutuhkan sistem kekebalan yang baik. Ini karena sistem kekebalan merupakan garis pertahanan pertama tubuh melawan penyakit. Salah satu cara alami yang dapat Anda lakukan untuk memperkuat sistem kekebalan adalah dengan mengonsumsi madu secara rutin. Khasiat madu ini sudah dibuktikan dengan banyak penelitian, sehingga efeknya hampir terjamin.

9. Mengatasi sindrom iritasi usus besar

Berkenaan dengan sistem pencernaan, madu juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan. Irritable Bowel Syndrome (IBS) adalah salah satu masalah pencernaan paling umum yang disebabkan oleh makan madu.

Menurut sebuah penelitian, madu memiliki efek positif untuk mengatasi gangguan pencernaan ini. Selain itu, masalah susah buang air besar (BAB) yang dikenal dengan masalah pencernaan bisa diatasi dengan mengonsumsi madu.

10. Bertahan dari diare

Diare adalah masalah pencernaan lain yang bisa diobati dengan madu. Sebuah penelitian terhadap 150 anak menemukan bahwa madu (bila diminum dengan obat anti susu lainnya) dapat menyembuhkan diare lebih cepat.

Anda bisa mencampurkan 1 sendok teh madu dengan 1 cangkir air panas dan meminumnya setiap kali Anda mengalami diare. Namun, pastikan Anda tidak mengonsumsi madu secara berlebihan, karena dapat memperburuk kondisinya.

11. Mencegah kanker

Selanjutnya, manfaat utama madu adalah mencegah kanker. Manfaat madu asli dalam mencegah penyakit mematikan ini adalah mengandung antioksidan.

Antioksidan madu mengobati sel somatik dan mencegah kerusakan akibat serangan radikal bebas. Seperti kita ketahui bersama, kanker dimulai dengan rusaknya sel somatik saat diserang oleh radikal bebas.

12. Mengatasi rasa mual pada ibu hamil

Wanita hamil mungkin mengalami mual di pagi hari. Kondisi tersebut ditandai dengan gejala mual dan muntah. Salah satu cara alami menghilangkan gejala mual adalah dengan mengonsumsi madu. Jika Anda mengalami gejala apapun, minumlah satu sendok teh madu secara langsung atau dalam cangkir putih hangat dan segera minum.

13. Menyalip GERD

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa madu membantu mencegah refluks asam lambung, yang juga dikenal sebagai GERD. Sakit perut ini pasti sesuatu yang biasa dialami orang. Mulas dan mual adalah dua gejala utama yang dialami pasien.

14. Menjaga kesehatan dan fungsi otak

Kehadiran zat antioksidan dan anti inflamasi menciptakan manfaat madu untuk menjaga kesehatan dan fungsi otak. Penelitian menunjukkan bahwa madu dapat mencegah kerusakan otak. Meski keefektifan madu ini baru teruji pada tikus, konsumsi terus menerus tidak berbahaya sebagai bagian dari upaya menjaga otak tetap sehat dan berfungsi dengan baik.

15. Meningkatkan kesehatan organ reproduksi

Royal jelly, sejenis madu, terbukti memiliki efek positif pada kesehatan alat kelamin. Pada wanita, madu diklaim dapat mengurangi gejala menopause (PMS) dan menopause dini.

Di sisi lain, zat yang terkandung dalam madu dikatakan dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma pria. Sayangnya, penelitian yang dilakukan masih mengincar hewan. Lebih banyak penelitian diperlukan untuk menguji keefektifannya pada manusia.