Bentuk Bentuk Kerjasama di Dalam Organisasi

Bentuk Bentuk Kerjasama di Dalam Organisasi

Bentuk Bentuk Kerjasama di Dalam Organisasi

Bentuk Bentuk Kerjasama di Dalam Organisasi
Bentuk Bentuk Kerjasama di Dalam Organisasi
Bentuk-bentuk kerjasama di dalam Organisasi dibagi menjadi 4, yaitu ;
  • Joint Venture

Join Venture adalah bergabungnya suatu perusahaan dengan perusahaan lain untuk menjalankan aktivasi ekonomi secara bersama-sama. Pihak pihak itu setuju untuk berkelompok dengan menyumbang keadilan pemilikan dan kemudian saham dalam penerimaan biaya dan control perusahaan, ada satu contoh joint venture yaitu sebagai berikut :
– Contoh dari Kerjasama Joint Venture : Perusahaan ASUS dan Gigabyte, Asosiasi Panel Kayu Indonesia (ASI) dan Asosiasi Pabrik Kertas Indonesia (APKI).
  • Holding company

Holding Company adalah perusahaan utama yang membawahi beberapa perusahaan yang tergabung ke dalam satu grup perusahaan. Melalui pengelompokan perusahaan kedalam induk perusahaan yang bertujuan untuk meningkatkan atau menciptakan nilai pasar perusahaan (market value creation), ada satu contoh holding company sebagai berikut :
– Contoh dari Kerjasama Holding Company : Trans Corp mempunyai 2 cabang stasiun televise, yaitu Trans7 dan TransTV.
  • Trust

Trust atau kepercayaan adalah suatu kepercayaan dari atasan kepada bawahannya atau sebaliknya. Hubungan tersebut merupakan hal yang sangat penting agar kerjasama dapat tercipta dengan efektif. Bentuk trust yang muncul sangat jelas terjadi ketika atasan dan bawahan saling mengenal, contohnya sebagai berikut :
– Contoh dari Trust : Atasan yang memberikan suatu pekerjaan kepada bawahannya dengan penuh kepercayaan.
  • ┬áKartel

Kartel sering terbentuk oleh para peserta tender yang bertujuan untuk memanipulasi pemenang tender, yang menguntungkan salah satu anggota kartel tersebut. Praktik yang juga digolongkan sebagai korupsi ini dapat dilakukan dengan atau tanpa adanya keterlibatan pejabat Negara didalamnya.
– Contoh dari Kartel yaitu Praktik monopoli dan persaingan usaha kesepakatan dalam penetapan dan kenaikan harga serta pembagian pasar.

Baca Juga :