tidur tengkurap

Bahaya Tidur Tengkurap Bagi Kesehatan

jika Anda terbiasa tidur tengkurap setiap malam, Anda harus segera mengubah kebiasaan ini. Tidak hanya membuat tubuh sakit, sering tidur di perut terbukti menyebabkan penyakit serius, Anda tahu.
Mengapa posisi tidur yang rentan dihindari?
Anda mungkin telah mencoba berbagai posisi tidur untuk tidur lebih nyenyak dan nyaman. Beberapa orang mengklaim bahwa tidur tengkurap dapat membantu mereka tidur lebih nyenyak.

Sayangnya, posisi tidur miring dinamakan posisi terburuk untuk tidur demi kesehatan, Anda tahu. Meskipun dapat membantu mencegah kebiasaan tidur apnea dan mendengkur, para ahli setuju bahwa tidur tengkurap menawarkan lebih banyak risiko daripada manfaat kesehatannya.

Beberapa bahaya tidur yang rentan terhadap kesehatan termasuk:

1. Nyeri tulang belakang

punggungnya terasa sakit saat bernafas
Orang-orang yang sering tidur dengan perut kenyang setiap malam sering mengeluh sakit ketika mereka bangun. Posisi nyeri bervariasi, mulai dari leher, dari belakang atau dari sendi.
Ini tentu saja hasil dari posisi tidur yang salah. Pelaporan dari Mayo Clinic, tidur tengkurap dapat mengubah kurva alami tulang belakang yang menyebabkannya menjadi kaku dan kaku.
Sementara itu, berat badan Anda terpusat di bagian tengah tubuh, alias tulang belakang. Ketika Anda tidur tengkurap, tekanan di bagian tengah tubuh Anda menjadi tidak seimbang, menyebabkan nyeri tulang belakang.
Juga, tulang belakang adalah saluran utama yang penuh dengan banyak saraf di dalam tubuh. Jika tulang belakang ini mengalami rasa sakit, maka saraf tubuh akan terganggu secara otomatis. Inilah sebabnya mengapa Anda juga mungkin merasa mati rasa di beberapa bagian tubuh setelah bangun tidur.

2. Kerah yang kaku

mencegah nyeri leher
Tidur tengkurap juga membuat Anda secara tidak sadar memelintir leher ke kanan atau ke kiri saat tidur. Akibatnya, selama serviks dan kolom vertebral tidak lurus dan ini bisa berakibat fatal.
Bahkan, tidak ada rasa sakit di leher ketika Anda tidur untuk pertama kalinya dalam posisi tengkurap. Namun, seorang spesialis chiropractic dari Cleveland Clinic, Andrew Bang, DC, mengungkapkan bahwa sendi leher bergerak sedikit demi sedikit dan menyebabkan kerusakan serius jika tidak dikelola dengan cepat.
Anda dapat mengalami leher kaku yang parah, yang dalam istilah medis disebut disk hernia. Disc herniation adalah kondisi di mana disk di tulang belakang leher terbuka dan pecah. Piringan bocor ini dapat menghilangkan gelatin yang dapat menyebabkan iritasi tulang belakang. Anda akan merasakan sakit yang luar biasa dan Anda akan membutuhkan perawatan segera jika Anda mengalaminya.

3. Janin dihancurkan

tidur tengkurap saat hamil
Wanita hamil sering sulit ditemukan dalam posisi tidur yang dapat membuat mereka nyaman dan aman. Padahal, Anda butuh kualitas tidur untuk menjaga kesehatan ibu dan bayi.
Namun, Anda harus menghindari tidur tengkurap selama kehamilan. Ini karena berat ekstra di perut dapat menekan tulang belakang dan benar-benar mengaktifkan sakit punggung.
Tidak hanya mempengaruhi sisi ibu, anak Anda juga akan hancur jika Anda memaksakan diri untuk tidur tengkurap. Akibatnya, pertumbuhan dan perkembangan janin di rahim terganggu.

Baca Juga: