Ajarkan Hal-Hal Berikut supaya Anak Mudah Berteman

Ajarkan Hal-Hal Berikut supaya Anak Mudah Berteman

Semakin tinggi jangkauan pendidikan, peluang bertemu orang baru bakal bertambah. Untuk umur SD, adalah tahap kesatu dalam menikmati pergaulan yang lebih luas. Sebagai orangtua, ajarkan hal-hal berikut supaya anak gampang berteman, sampai-sampai dapat menanam diri dengan baik dalam hubungan bermasyarakat.

Ajarkan guna Bersikap Ramah
Menunjukkan sikap ramah akan menciptakan seseorang terkesan menyenangkan, sampai-sampai lebih digemari di lingkungan pergaulan. Oleh sebab itu, ajarkan anak guna murah senyum dan menyapa terlebih dahulu atau menawarkan bekal makanan ke teman.

Ajarkan anak pula teknik berkomunikasi yang sopan seperti memperhatikan lawan bicara dengan saksama, membuat kontak mata, menunjukkan tubuh ke direksi sesuai, tenang, dan menyerahkan respons tepat cocok topik pembicaraan.

Ajarkan Rasa Empati
Cara lain supaya disukai di lingkungan pergaulan ialah dengan menemukan simpati. Poin ini bisa terwujud melewati peka terhadap orang di dekat yang memerlukan pertolongan.

Agar anak gampang berteman atau menjalin hubungan persahabatan, tekankan bahwa dengan menyerahkan pertolongan dalam kondisi tertentu dapat menumbuhkan keterikatan emosi antar satu sama lain.

Ajarkan guna Memahami Kondisi Sekitar

Dalam bersosial, anak mesti memahami situasi sekitar supaya dapat menilai sikap apa yang mesti diambil. Pertama-tama, ajarkan untuk memahami maksud ekspresi lawan bicara. Apakah sedang kecil hati atau bahagia, sehingga menyerahkan respons atau ucapan sesuai. Kemudian, latih dalam menghadapi kerumitan kondisi pergaulan laksana menolak anjuran buruk dari teman.

Melatih anak supaya memahami situasi sekitar pun dapat dilakukan dengan mengerjakan permainan sosial di lokasi tinggal seperti tamu-tamuan, berperan sebagai penjual-pembeli, bertelepon, dokter-dokteran, dsb.

Ajarkan Sikap Menghargai

Toleransi ialah hal urgen dalam mengawal keharmonisan hubungan persahabatan. Oleh sebab itu, ajarkan anak untuk mengetahui perbedaan kebiasaan antar satu sama lain. Misalkan, mintalah supaya lebih berhati-hati dan sopan pada rekan yang berasal dari luar daerah.

Sumber : http://yomi.mobi/jump/2/www.pelajaran.co.id/