5 Mitos Keliru Ini Bikin Pemula Takut Mencoba Linux

5 Mitos Keliru Ini Bikin Pemula Takut Mencoba Linux

5 Mitos Keliru Ini Bikin Pemula Takut Mencoba Linux

 

5 Mitos Keliru Ini Bikin Pemula Takut Mencoba Linux
5 Mitos Keliru Ini Bikin Pemula Takut Mencoba Linux

Linux adalah kernel yang dikembangkan pertama kali oleh paman Linux Torvalds. Dengan kernel tersebut, ratusan distribusi linux bermunculan dengan berbagai macam fitur khusus. Kamu bisa membaca beberapa artikel tentang distro linux yang pernah saya tulis di Ngono, antara lain:

Elementary OS – Distro Linux Paling Ganteng Saat Ini

4 Distro Linux Terbaik Untuk Kamu Yang Hobi Main Game

4 Distro Linux yang Dibuat Khusus Untuk Keamanan dan Privasi

Walaupun linux sangat powerfull (berdasarkan pengalaman pribadi), namun masih banyak sekali orang yang masih ragu untuk menggunakan linux. Tidak heran, berdasarkan statistik pengguna linux diseluruh dunia tidak kurang dari 2% jumlahnya.

Alasan kenapa orang enggan menggunakan linux didasari banyak hal. Salah satunya adalah karene mempercayai “mitos” terkait linux. Apa saja mitos tersebut? Dan apakah mitos-mitos tersebut benar adanya?

Berikut ini adalah 5 mitos keliru mengenai linux

Harus hafal perintah terminal supaya bisa pakai linux

Ini tentu sangat tidak benar. Memang, penggunaan terminal sangat penting di linux. Tapi itu juga kamu menggunakan linux untuk server. Lain ceritanya jika kamu menggunakan distro linux untuk desktop.

Saat ini banyak sekali distro linux yang menawarkan Graphical User Interface (GUI) guna meminimalisir

penggunaan terminal dalam banyak hal. Sebut saja elementary OS atau Ubuntu, tampilannya cantik dan dapat digunakan dengan mudah tanpa menyentuh terminal.

Aplikasi di linux sangat sedikit

Memang, pengguna linux saat ini bisa dikatakan adalah yang paling sedikit jika dibandingkan dengan macOS dan Windows. Namun dengan jumlah pengguna yang sedikit, tidak membuat aplikasi yang tersedia untuk linux juga sedikit.

Memang, ada aplikasi-aplikasi Windows / macOS tertentu yang tidak tersedia di linux (biasanya adalah aplikasi berbayar). Namun selalu ada saja aplikasi alternatif dengan fungsi yang sama.

Linux cuma untuk server, bukan untuk desktop

Sekali lagi, anggapan ini juga sangat tidak benar. Kalau kamu main-main ke distrowatch, kamu bisa membaca list

ratusan distro linux yang sebagian besarnya adalah untuk pengguna desktop (dengan GUI). Kamu bisa memilih yang kamu suka dan sesuai dengan kebutuhan.

Linux memang sangat powerfull untuk server. Namun juga tidak kalah powerfull untuk penggunaan desktop. Kalau tidak percaya, coba saja sendiri 😀

Linux bukan untuk gamer

Nah, ini juga kurang tepat. Kamu itu gamer seperti apa dulu? Kalau kamu adalah gamer yang senang main game original, ‘kan ada steam. Steam tersedia untuk linux.

Steam bahkan membuat distro sendiri yang dioptimalkan untuk memainkan game-game Steam, yaitu Steam OS.

Jadi, siapa bilang linux tidak cocok untuk game?

Linux sangat sulit untuk digunakan

Baca lagi poin nomor satu dan tiga. Saat ini sebagian besar distro linux telah dilengkapi dengan program GUI yang memudahkan dalam penggunaannya.

Jadi, masihkah kamu ragu untuk menggunakan linux?

Sumber:

https://galleta.co.id/sword-man-apk/