5 Kejahatan Internet yang Susah Dihindari

5 Kejahatan Internet yang Susah Dihindari

5 Kejahatan Internet yang Susah Dihindari

 

5 Kejahatan Internet yang Susah Dihindari
5 Kejahatan Internet yang Susah Dihindari

Dalam beberapa tahun terakhir perkembangan internet di Indonesia terasa begitu sangat cepat. Aksesnya-pun

sekarang udah sangat gampang, dimana-mana aja bisa selama ada gadget ditangan yang ada pulsanya.

Tapi sebenarnya kita sebagai pengguna Internet juga harus berhati-hati. Banyak yang bilang kalau internet itu seperti dua mata pisau, kalau gak hati-hati bisa melakui diri sendiri. Selain itu, internet juga bisa bikin kita jadi pelaku kejahatan lhoo, entah itu disadari atau tidak. Biasanya untuk hal-hal yang udah dianggap biasa..

Berikut adalah 5 kejahatan Internet yang sering kita lakukan dan sulit dihindari..
1. Mendownload Mp3

Emang enak sih, kalau misalnya kita denger lagi bagus langsung nyari situs-situs penyedia donlot file mp3. Tapi tahu gak, ternyata gak semua lagu itu dibagikan secara gratis. Biasanya sih, kalau satu album kaset harganya 20rb, CD 35rb atau ada juga penyedia jualan lagu kaya iTunes seharga 1 filenya sekitar 5ribu. Bayangin aja kalau kita donlot 100 file aja, berapa aja duit yang kita rampok.
2. Menggunakan Aplikasi Crack-Crack-an

Seperti halnya Mp3, pakai Aplikasi bajakan juga hal yang sulit kita hindari. Biasanya ini karena dua faktor, pertama karena programnya berharga mahal, kedua karena bingung mbayarnya mau pake apa, karena biasanya aplikasi dijual dengan metode pembayaran paypal atau kartu kredit dimana gak semuanya punya.

Misalkan untuk Microsoft Office aja harganya sekitar 1 jutaan, Photoshop sekitar 6 jutaan, belum lagi yang lain-lain.. Duh..
3. Kopas tulisan tanpa ijin

Ini sebenarnya yang paling gampang untuk dilakukan. Biasanya kalau ada kata-kata bagus di internet, kita kopi trus

dijadiin status tanpa menyertakan sumbernya. Secara materiil mungkin emang gak terlalu banyak dirugikan, tapi ada baiknya kita menghargai karya dari orang lain caranya ya dengan menyertakan sumber atau link dari yang diambil.
4. Memakai Gambar Orang

Sama seperti kopas tulisan, ngambil gambar orang yang ada di internet trus dipakai tanpa ijin juga merupakan tindakan yang kurang baik. Bahkan di search engine-nya google juga udah mewanti-wanti kalau ada gambar disana bisa jadi punya copyright, jadi kita gak bisa sembarang memakai gambar tersebut.

Sebenarnya mengatasinya cukup mudah, tinggal kita menyertakan kalau ada informasi tentang pemilik gambar

tersebut atau dikasih link yang mengarah ke gambar aslinya akan sedikit menguangi kejahatan kita,
5. Update Status/Ngetwit “OTW”

Kalau punya janjian lewat twitter atau facebook trus ada yang bilang OTW, maka sesungguhnya itu patut dicurigai. Hmmm (–,)

[tangan diborgol mouse via Shutterstock]

Sumber:

https://lcs.co.id/mahluk-apk/