20 Trik Aman Berkendara Di Jalan Raya

20 Trik Aman Berkendara Di Jalan Raya

1. Pertama dan terpenting adalah menemukan posisi mengemudi yang baik. Sesuaikan tempat duduk sehingga Anda dapat meletakkan pergelangan tangan di roda kemudi dengan tangan terulur. Mungkin perlu menyesuaikan kemiringan kursi untuk menemukan posisi ideal yang benar-benar nyaman dan tidak melelahkan. Sesuaikan sandaran kepala sehingga pas dengan bahu tetapi tidak menyentuh kepala.

2. Pegang kemudi dengan kedua tangan sejajar dengan nomor posisi jam tangan nomor sembilan (tangan kiri) dan nomor tiga (tangan kanan), sehingga setir dapat diputar ke kiri atau ke kanan dengan cepat dan tepat. Jika Anda merasa tidak nyaman, Anda dapat memilih posisi nomor-nomor tangan 10 dan 2.

3. Jangan terbiasa untuk mendapatkan tangan Anda di bagian atas kemudi, terutama di mobil baru, karena kantong air dapat mematahkan tangan Anda atau mendorongnya ke atas wajah Anda jika mengembang.

4. Biasakan menggunakan sabuk pengaman (sabuk pengaman) sebelum menyalakan mesin. Minta penumpang di kursi depan untuk juga memakai sabuk pengaman. Sabuk ini telah berhasil menyelamatkan nyawa.

5. Ikuti arus lalu lintas. Jika memungkinkan, atur kecepatan kendaraan yang sama di sekitar Anda.

6. Perbedaan besar antara kecepatan Anda dan kendaraan lain dapat membahayakan keselamatan Anda. Awas

7. Jadilah mandiri. Jangan mengikuti koleksi kendaraan di jalan raya untuk menghindari tabrakan yang mempengaruhi kendaraan lain.

8. Monitor lalu lintas. Lihatlah dan lihatlah masalah sebelum Anda sampai ke tempat itu.

9. Periksa kaca spion sesering mungkin.

10. Antisipasi. Selalu antisipasi keadaan darurat yang mungkin terjadi dan rencanakan solusinya.

11. Jangan tinggal di paling kanan. Jalan yang benar untuk diatasi, bukan jalur cepat, terutama jika kecepatannya kurang dari 80 km / jam. Inilah sebabnya mengapa banyak pilot yang nekat menyalip dari jalur paling kiri. Jadi jangan salahkan mereka yang mungkin terburu-buru sebelumnya, tetapi ada pilot “keras kepala” yang tidak mau melepaskan haknya.

12. Tetap di jalur kiri, kecuali jika Anda akan lulus. Jangan halangi pengemudi yang ngebut. Serahkan pada polisi.

13. Berikan tanda jika Anda akan pindah jalur, sehingga bahkan jika Anda akan berubah.

14. Tunggu sebelum belok kanan. Jika Anda berhenti di jalan yang sibuk sambil menunggu untuk berbelok ke kanan, tinggalkan kemudi dalam posisi lurus sampai Anda mendapat giliran. Jika Anda menunggu dengan setir ke kanan dan Anda ditabrak dari belakang, mobil dapat didorong ke arah kendaraan dari depan.

15. Jika Anda berada di jalur kiri di jalan raya yang lebar, Anda dapat membantu kendaraan yang akan memasuki gerbang tol dari kiri dengan aman dan lancar melalui jalan kecil, jelas jika situasinya memungkinkan.

16. Gunakan rem pada waktu yang tepat. Kurangi kecepatan sebelum memasuki tikungan. Pengereman ketika di tengah tikungan dapat mengurangi keseimbangan kendaraan. Dengan cara yang sama, turunkan transmisi sebelum memasuki kurva.

17. Pertama-tama, coba sistem pengereman anti-lock (ABS) kendaraan. Jika mobil dilengkapi dengan ABS, Anda mungkin akan terkejut oleh getaran aneh dan suara dari pedal rem ketika tiba-tiba menginjak. Jangan menunggu keadaan darurat. Saat hujan, cari jalan yang licin dan benar-benar kosong atau tempat parkir kosong dan injak rem sekeras mungkin sampai ABS bekerja, jadi Anda bisa tahu bagaimana rasanya. Anda juga dapat melakukan ini dengan sistem pengereman normal untuk memeriksa apakah pengereman cukup seimbang dan tidak menarik di satu sisi.

18. Jangan menggunakan ponsel saat mengemudi. Penelitian telah menemukan bahwa menggunakan ponsel saat mengemudi meningkatkan risiko kecelakaan hingga empat kali lipat. Risiko tidak berubah bahkan jika Anda menggunakan tangan Anda bebas ??

19. Jaga visi malam. Jangan melihat lampu mobil ke arah yang berlawanan. Jika Anda merasa terganggu, berkonsentrasi di bahu kiri jalan.

20. Cobalah untuk cukup tidur. Jangan mengemudi saat Anda mengantuk. Jika mata cenderung menempel pada titik tertentu, ini adalah tanda bahaya. Hentikan kendaraan segera setelah Anda menemukan tempat yang aman dan cobalah untuk beristirahat selama beberapa menit.

Sumber : rentalmobillampung.co.id